PENGARUH LABEL HALAL, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE (Studi Kasus Pada Warga Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu)

Hardiansyah Hardiansyah, Heri Prasuhanda Manurung

Abstract


Hasil penelitian menunjukan bahwa label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 15,484, sedangkan nilai Ftabel pada tingkat kepercayaan 95%  (α = 0,05) sebesar 2,70. Hal ini berarti nilai Fhitung  > Ftabel (15,484 > 2,70) dan tingkat signifikansinya (0,000 < 0,05). Dan secara parsial label halal, berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (4,394) > ttabel (1,986) dan  nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha. Variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung  > ttabel (2,633) > ttabel (1,986) dan nilai sig. 0,010 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha. Variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung  (2,140) > ttabel (1,986) dan nilai sig. 0,035 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha.

Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 31,4% variabel label halal, kualitas produk, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya 68,6% dijelaskan oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dan tidak dimasukkan ke dalam model regresi.

 

Kata Kunci : Label halal, kualitas produk, harga dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v1i2.1125

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v1i2.1125.g954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com