Pengukuran Validitas Aplikasi Akademik Siswa Berbasis Website Menggunakan Metode R-Table Dan Coehns’s Cappa

Rizky Parlika, Rahmadany Fahreza Taufiqurrahman, Hafi Ihza Farhana, Rahmat Dimas Syahputra, Fairuz Aldifa

Abstract


Validitas merupakan metode pengujian yang sekaligus menjadi acuan khusus dari layaknya pengoperasian pada sebuah perangkat lunak. Validitas yang penulis gunakan dalam penulisan jurnal ini menggunakan metode R-table dan Coehn’s Cappa. Kedua metode tersebut dipergunakan untuk menilai perangkat lunak yang dipilih. Perangkat lunak yang telah ada yakni Aplikasi Akademik Siswa Berbasis Website (AASBW). Berkas teknis yang tersedia dari perangkat lunak ini adalah running application. Metode pengujian ini dilakukan oleh responden dari hasil kuisioner yang disebarkan, selanjutnya dihitung dengan metode R-table serta dilakukan dari hasil dua penguji dengan melakukan uji coba pada fitur AASBW yang akan dihitung dengan Coehn’s Cappa. Dari hasil kedua metode validitas tersebut didapatkan bahwa hasil nilai R pada AASBW sebesar 90 % valid dan 10 % tidak valid sedangkan dari perhitungan nilai kappa dengan SPSS sebesar 1,000 yang menyatakan bahwa hubungan korelasi dari kedua penguji bernilai sangat baik terhadap fitur dari AASBW, sehingga hasil dari kedua metode validitas tersebut dijadikan penulis sebagai acuan kelayakan pengoperasian pada Aplikasi Akademik Siswa Berbasis Website.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v6i1.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License