MENINGKATKAN PELAYANAN DAN AKUNTABILITAS MELALUI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PADA ADMINISTRASI SERVICE KENDARAAN BERMOTOR

Nofiyani Nofiyani

Abstract


Abstract - The more the tightness of business competition requires every company to increase competitiveness continuously. Increased service and accountability in presenting data, both to customers and business owners/companies are expected to increase the competitiveness and resilience of the company. Will remain strong in every condition. Therefore, for the customer relationship with the company and the business owner to run the business well, the service will be improved by developing an information system. The model used in developing information systems is Rapid Application Development (RAD). The RAD method is an information system development with a relatively short time so the system development costs are lower. The steps in this research are data collection, system requirements planning, system planning, and implementation. Based on the Black-Box test results, the system developed has been following its function and the task of the user of the system is more easily and quickly completed, and the presentation of information and reports that will be given more quickly and accurately. Four reports will be made as accountability for work reports, reports work order requests, parts request reports, warranty claims, and after-sales service reports.

Keywords - Service, Accountability, Development of Information System, Rapid Application Development (RAD)

 

 

Abstract - Semakin ketatnya persaingan bisnis, menuntut setiap perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya secara terus menerus. Meningkatan pelayanan dan akuntabilitas dalam penyajian data, baik kepada pelanggan maupun pemilik usaha / perusahaan diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan ketahanan perusahaan. Sehingga bisnis akan tetap kuat dalam menghadapi setiap kondisi. Karenanya agar hubungan pelanggan dengan perusahaan dan pemilik usaha dengan pelaksana usaha berjalan dengan baik, maka dilakukan peningkatan pelayanan dengan mengembangkan sistem informasi. Model yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi adalah Rapid Application Development (RAD). Metode RAD merupakan pengembangan sistem informasi dengan waktu yang relatif singkat sehingga biaya pengembangan sistem menjadi lebih rendah. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data, merencanakan kebutuhan sistem  (Requirement Planning), desain sistem (Design System) dan melakukan implementasi (Implementation). Berdasarkan hasil pengujian Black-Box Testing, sistem yang dikembangkan sudah sesuai dengan fungsinya sehingga tugas dan pekerjaan dari pengguna sistem lebih mudah dan cepat selesai, serta  penyajian informasi dan laporan yang akan diberikan lebih cepat dan akurat.Terdapat empat laporan yang akan dibuat sebagai pertanggung jawaban kasir ke workshop manajer, diantaranya  laporan work order, laporan permintaan suku cadang, laporan warranty claim dan after sales service report.

Katakunci - Pelayanan, Akuntabilitas, Pengembangan Sistem Informasi, Rapid Application Development (RAD).


Keywords


Loyalty; Development of Information System; Rapid Application Development (RAD)

Full Text:

PDF

References


Aswati, S., Sabir Ramadhan, M., Udi Firmansyah, A., & Anwar, K. (n.d.). STUDI ANALISIS MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI.

Daud, R., & Windana, V. M. (n.d.). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS BERBASIS KOMPUTER PADA PERUSAHAAN KECIL (STUDI KASUS PADA PT. TRUST TECHNOLOGY). Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

Hanifah, S. I. (n.d.). AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PERTANGGUNGJAWABAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA (APBDes). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi , Vol. 4, No. 8,pp. 1-15, 2015.

Nofiyani. PENGEMBANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN BERBASIS WEB UNTUK MENENTUKAN BEST CUSTOMERS DENGAN MODEL RFM (RECENCY, FREQUENCY DAN MONETARY), METODE COMPARATIVE PERFORMANCE INDEX DAN ALGORITMA SINGLE LINKAGE STUDI KASUS CV. XYZ. Telematika Mkom , 7(2) : 144–153. 2015.

Putra, D. S., & Fauzijah, A. (n.d.). Perancangan Aplikasi Presensi Dosen Realtime Dengan Metode Rapid Application Development (RAD) Menggunakan Fingerprint Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT) , Vol.03, No.02, pp. 167-171, 2018.

Sagala, J. R. (n.d.). MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN BELAJAR MENGAJAR. Mantik Penusa , vol.2, no.1, pp. 87-90, 2018.

Setiyono, J., & Sutrimah. (n.d.). ANALISIS TEKS DAN KONTEKS PADA IKLAN OPERATOR. PEDAGOGIA , vol.5, no.2, pp.297-310, 2016.

Wahyuningrum, T., & Januarita, D. Perancangan WEB e-Commerce dengan Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Produk Unggulan Desa. SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI TERAPAN. Semarang, 2014. pp. 81-88.

Yuliana, W. (n.d.). PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA. eJournal Administrasi Negara , Vol.5 , No.3, pp. 6225-6239, 2017.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v4i1.1293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License