PENGARUH KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI KELAS VII SMP NEGERI 4 SINJAI KABUPATEN SINJAI

Jabal Ahsan, Andi Taufiq Umar, Danny Ajar Baskoro

Abstract


ABSTRAK

Pengaruh kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS Ekonomi siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Kabupaten Sinjai. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini ada 2 yaitu kesiapan belajar sebagai variabel X dan hasil belajar IPS Ekonomi siswa sebagai variabel Y.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa berada pada kategori tinggi yaitu 23 orang (74,19%) dengan skor tertinggi 79 dan skor terendah 56, skor rata-rata 71,52 dan standar deviasi 0,92. Sedangkan variabel hasil belajar siswa berada dalam kategori sangat tinggi yaitu 26 orang (83,88%) dengan skor tertinggi 90, skor terendah 65, skor rata-rata 81,45 dan standar deviasi 1,02.

Hasil analisis pengujian data pada uji normalitas diperoleh populasi yang berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS Ekonomi siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Kabupaten Sinjai dimana taraf signifikan α = 0,05 dengan    = 0,82 dan thitung=7,73 sedangkan ttabel=t(0,05)(29)=2,045, karena thitung > ttabel. Sehingga dapat diindikasikan bahwa pengaruh kesiapan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Kabupaten Sinjai sebesar 74,19 %.

Kata Kunci : Kesiapan Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jse.v4i1.3474

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v4i1.3474.g2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com