PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELEMCOFFEE AEK SONGSONGAN KABUPATEN ASAHAN

Fahira Indah Nurfajar, Tengku Syarifah

Abstract


ABSTRAKSI

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda yang kemudian diperoleh persamaannya Y = -5,074 + 0,316 X1 + 0,523 X2 + 0,556 X3 + e dan uji hipotesis menggunakan uji F secara simultan, uji t secara parsial dan uji koefisien determnasi (R2).

Hasil dari penelitian ini adalah variabel bebas Gaya Hidup (X1), Harga (X2) dan Kualitas Produk (X3)  secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat variabel Keputusan Pembelian dengan hasil Fhitung 99,345 > Ftabel 2,70. Variabel Gaya Hidup (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai thitung (4,015) > ttabel (1,98609). Variabel Harga (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y)  dengan nilai thitung (5,411) > ttabel (1,98609). Variabel Kualitas Produk (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai thitung (7,523) > ttabel (1,98609).

Koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah Adjusted R Squer dengan nilai 0,836 atau sebesar 83,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Gaya Hidup, Harga dan Kualitas Produk 83,6% sedangkan sisanya sebesar 16,4% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci :  Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jse.v3i1.2745

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/jse.v3i1.2745.g2102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com