Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Profesi Ilmu Pendidikan (JPIP) adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menerbitkan artikel-artikel penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan dan profesi pendidikan. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini mencakup berbagai aspek pendidikan, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

1. Pendidikan dan Pengajaran
- Metode dan strategi pembelajaran
- Inovasi dalam pengajaran
- Evaluasi dan asesmen pembelajaran
- Teknologi pendidikan
- Pengembangan kurikulum
- Pendidikan inklusif

2. Pengembangan Profesional Guru
- Pelatihan dan pengembangan guru
- Kompetensi profesional guru
- Pendidikan guru pra-jabatan dan dalam jabatan
- Penelitian tindakan kelas

3. Manajemen Pendidikan
- Kepemimpinan pendidikan
- Manajemen sekolah dan administrasi
- Kebijakan pendidikan
- Manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan
- Kualitas dan akreditasi pendidikan

4. Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar
- Pembelajaran anak usia dini
- Pengembangan anak usia dini
- Pendidikan dasar
- Intervensi dan dukungan pendidikan awal

5. Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi
- Pembelajaran dan pengajaran di sekolah menengah
- Pengembangan kurikulum pendidikan menengah
- Pendidikan tinggi dan pedagogi
- Penelitian pendidikan tinggi

6. Pendidikan Khusus dan Pendidikan Luar Sekolah
- Pendidikan untuk siswa berkebutuhan khusus
- Pendidikan non-formal dan informal
- Pendidikan komunitas
- Pendidikan seumur hidup

7. Penelitian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
- Metodologi penelitian pendidikan
- Studi kasus dan penelitian lapangan
- Penelitian kualitatif dan kuantitatif
- Pengembangan teori dan model dalam pendidikan

8. Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan
- E-learning dan pembelajaran daring
- Media dan alat bantu pembelajaran
- Inovasi teknologi dalam pengajaran

9. Isu Sosial dan Budaya dalam Pendidikan
- Pendidikan multikultural
- Pendidikan karakter dan moral
- Pengaruh sosial dan budaya terhadap pendidikan

10. Pendidikan dan Kebijakan Publik
- Analisis kebijakan pendidikan
- Implementasi kebijakan pendidikan
- Dampak kebijakan terhadap praktik pendidikan

JPIP menyambut kontribusi dari peneliti, akademisi, praktisi, dan mahasiswa yang tertarik dengan isu-isu pendidikan. Kami menerima artikel penelitian, tinjauan pustaka, studi kasus, dan artikel teoretis yang relevan dengan fokus dan ruang lingkup jurnal ini.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.