PREVALENSI STUDI MATEMATIKA SISWA BERPRESTASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEKALONGAN

drajat stiawan

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang masih dianggap sulit oleh sebagian siswa, namun tidak jarang pula siswa yang mampu berprestasi pada pelajaran ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi belajar yang dilakukan oleh siswa berprestasi pada mata pelajaran matematika di lembaga pendidikan Islam di Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposif sampling dengan kriteria siswa madrasah Tsanawiyah Hidayatul Athfal Pekalongan, mempunyai nilai Ujian Nasional minimal 8 pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian diperoleh bahwa prevalensi belajar matematika siswa berprestasi pada Madrasah Tsanawiyah hidayatul Athfal yakni (1) prevalensi belajar matematika saat disekolahan meliputi; fokus saat guru menjelaskan, mencatat hal penting dari penjelasan guru, aktif bertanya dan menjawab (2) prevalensi belajar matematika ketika dirumah meliputi; memiliki jadwal belajar, menghafal pelajaran, mengulang materi pelajaran, disiplin belajar, mengerjakan tugas, menambah waktu belajar, membaca dan membuat catatan. 


Full Text:

PDF

References


Begle, E. G. (1979). Critical Variables in Mathematics Education. Reston, VA.

Bell, Fredrick. (1981). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools).

USA: Wm. C. Brown Company Publishers.

Jaeng, Maxinus. (2014). Pendidikan Nilai Dalam Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 21 – 24

Kusumawati, Dkk. 2018. Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 03 Cibelok Pemalang. Jurnal Pesona Dasar 6(2): Hal 1-10

Moleong, Lexi J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Papilaya, Jo, Dkk. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip 15(1): 56-63

Rasetya, IGR, Dkk. (2013). Bimbingan Belajar Efektif Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajarpada Siswa Kelas VII. Jurnal Kajian Ilmiah Psikologi , 1(2): 1- 4

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan keempat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia.

Sani, A, Ridwan. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Lambok. (2014). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 4(1): 21-30

Tarmizi. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i2.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.