PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE TUTOR SEBAYA

Haryati Ahda nasution, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


 

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah metode tutor sebaya dan pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Empat. Sampel penelitian  kelas VIII-3 (kelas kontrol) dan kelas VIII-4 (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan analisis data, hasil belajar kognitif dengan menerapkan metode tutor sebaya pada siswa lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kognitif dengan menerapakan pembelajaran konvensional..

Kata Kunci: Hasil Belajar  Kognitif, Metode Tutor Sebaya.


Full Text:

PDF

References


Arjanggi,Ruseno dkk. 2010. Metode Pembelajran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara, Sosial Humaniora, Vol.4 No. 2 Desemeber 2010:91-97.

Masitah dan Dewi, Laksmi. 2011.Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia

M.Surya. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Saddullah, Uyoh. 2010. Pedagogik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Sanubari, fajar, dkk. 2014. Penerapan metode pembelajaran tutor teman sebaya dilengkapi dengan media Interaktif Flash Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Vol.3 No.4 Tahun 2014 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret.

Suciati,dkk. 2007. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: UT. Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendekatan Kuantitatif,

kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarsih, Cicih. 2012. Etika Profesi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Zaini Hisyam dkk. 2008. Strategi

Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustak Insani Madani.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.