PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGANTAR STATISTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION

Bambang Gulyanto, Dewi Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini berjudul. Perbaikan Pembelajaran Matematika Materi Pengantar Statistik Dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Kelas XII IA5 SMAN 1 Tanjungbalai. Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan upaya perbaikan belajar matematika di Kelas XII IA5 SMAN 1 Kota Tanjungbalai. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan langkah-langkah PTK sebanyak 2 siklus. Siklus 1 hari Senin tanggal 17 Oktober 2022 dengan langkah-langkah model Realistic Mathematic Education. Pembelajaran siklus 1 sudah baik dibandingkan dengan hasil belajar pada prasiklus, namun masih perlu penyempurnaan dalam pendalaman materi dan menyimpulkan hasil kerja siswa sehingga diperlukan perbaikan pembelajaran untuk siklus 2. Siklus 2 hari Senin tanggal 24 Oktober 2022. Siklus 2 memiliki hasil yang memuaskan dan dapat memperbaiki kekuarangan yang terjadi pada Siklus 1. Dari 32 orang anak didik yang tuntas pada prasiklus sebanyak 12 orang (37,50%), meningkat pada siklus 1 menjadi 24 siswa (75%) dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 32 orang (100%). Perbaikan pembelajaran matematika di XII IA5 SMAN 1 Kota Tanjungbalai. tahun pelajaran 2022/2023 dapat tercapai dengan menggunakan Model Realistic Mathematic Education.


Full Text:

PDF

References


Mulyatiningsih, Endang (2017) Riset Terapan. Jogyakarta: UNY Press.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

Syamsuddin, Lukman (2018). Menejemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Rajawali Press.

Sudijono, Anas (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang kurikulum 2013.

Ruseffendi, E.T. (2016). Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer. Bandung: Tarsito.

Wibowo, Prof. Dr. SE, M.Phil. (2016) Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pres

Widana, I Wayan (2021). Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen. Vol.7 No.2, Juli 2021. Hal.450-462.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.