PENGARUH MODEL INKUIRI DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Chairia Ulfa Siagian

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata kuliah matematika antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri bebas dimodifikasi dan inkuiri terbimbing yang memiliki gaya kognitif, setelah mengontrol kemampuan awal mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANACOVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar matematika antara mahasiswa yang diajarkan dengan model inkuiri bebas dimodifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing setelah mengontrol kemampuan awal mahasiswa; (2) Hasil belajar matematika mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi daripada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent setelah mengontrol kemampuan awal mahasiswa, (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika setelah mengontrol kemampuan awal mahasiswa; (4) Hasil belajar matematika mahasiswa yang diajarkan dengan model inkuiri bebas dimodifikasi lebih tinggi daripada mahasiswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing, pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent, setelah mengontrol kemampuan awal mahasiswa; (5) Hasil belajar matematika kelompok mahasiswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri bebas yang dimodifikasi, pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, setelah mengontrol kemampuan awal mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka untuk meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa dilakukan dengan menerapkan model inkuiri bebas dimodifikasi dan inkuiri terbimbing dengan memperhatikan kemampuan awal mahasiswa.

Kata Kunci :  Model  Inkuiri,   Gaya Kognitif,   Kemampuan Awal Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Anwar, N., Muhammad, Aness, Muhammad, Khizar, et.al. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary SchoolStudents. International Interdisciplinary Journal of Education. 1(3).Hlm.44-47

Bonk, Curtis, J &Graham, R., Charles. 2006. The Handbook of Inkuiri bebas dimodifikasi : Global Perspective, Local Designs. San Fransisco : Pfeiffer. Hlm. 4-5.

Bostrom, Lena, & Lassen, M., Liv. (2006). Unraveling Learning, Learning Styles, Learning Modeles and Metacognition.

Dick, Walter; Carey, Lou; dan Carey, James O. 2009. The Systematic Design of Instructiona. New Jersey : Pearson Education, Inc. Hlm. 7.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Modeles and Models for Teachers : Teaching Content and Thinking Skills (6thed.). Boston : Person. Hlm.363.

Ervync, G. 1991. “Mathematical Creativity”. Dalam Tall, D. Advanced Mathematical Learning. London: Kluwer Academic Publisher.

Marsh, Debra. 2012. Inkuiri bebas dimodifikasi : Creating Learning Opportunites for Languages Learners. The United States of America : Cambridge University Press, hlm. 4

Nurfauzia, Kaharuddin dan Khaeruddin. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 16 Makassar. Tesis. Makasar : Universitas Negeri Makasar.

Runco, M. A. 2007. Creativity. Theories and Themes: Research, Development and Practice. Amsterdam: Elsevier.

Shand, Kristen & Farrelly, Glassett, Susan. 2017. Using Blended Teaching to Teach Blended Learning : Lessons Learned from Pre-Service Teachers in a Instructional Methods Course. Journal of Online Learning Research. 3(1). Hlm.9.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.