PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TIPE JIGSAW

Mardiana Mardiana, Dewi Purnama

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIMTs.N Besitang Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa untuk kelas eksperimen1 dan 30 siswa untuk kelas eksperimen2. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah posstest only design. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen1 (Problem basedlearning) pada hasil postestpemecahan masalah = 25,567 dan pada hasil posttestkelas eksperimen2(jigsaw) = 23,667. Dari perbedaan nilai rata-rata tersebut terlihat bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas PBL lebih unggul dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan  pembelajarantipe jigsaw. Hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji analisis ANAVA pada dataKAMdan posttestkelas eksperimen diperoleh Fhitung> Ftabel (5,028>4,020) sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajran Problem based learning lebih efektif digunakan pada siswa kelas VIII MTs.N Besitang Tahun Pelajaran 2017/2018

 

Kata kunci : Model pembelajaran Problem based learning dan jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.


Full Text:

PDF

References


Branca N.A. 1980. Problem Solving as A Goal, Process,and Basic Skills.In Problem Solving in School Mathematics: 1980 Yearbook edited by S. Krulik and R.E. Reys. Reston, VA: NCTM.

Kadir, Abdul. (2008). Tuntunan Praktis Belajar. Yogjakarta.

Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka cipta

Agustina N, (2011), Media dan Pembelajaran Palembang: Universitas SriWijaya.

Alam, B. I. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa SD Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Eucation (RME). Prosiding. ISBN: 978-979-16353-8-7. [Diakses 28 Agustus 2015]

Arends, R.I. (2008). Leraning To Teach (Belajar untuk Mengajar) Buku Satu Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Rohman, Arif. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah [Diakses 11 September 2015]

Brodeur, D. R. 2002. Problem-Based Learning in Aerospace Engineering Education Massachusetts Institute of Technology. Proceedings of the 2002 American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition Copyright 2002, American Society for Engineering Education. [diakses 3 September 2015 ]

Dahar, R. W. 2006. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: direktorat jenderal managemen pendidikan dasar dan menengah.[online]. [Diakses 5 September 2015]

Herman, T. 2008. Strategi Pemecahan Masalah (Problem- Solving) dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Kegiatan Asisten Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah Jawa Barat Tanggal 28 September s.d 3 Oktober 2000. . [Diakses 12 Oktober 2015]

Hmelo, C. E. 2002. Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?. Educational Psychology Review, Vol. 16, No. 3, September 2004 ( C ° 2004). [Diakses 8 September 2015]

Hidayat, T. N. 2011. Implementasi Teori Gestalt pada Proses Pembelajaran. JURNAL FALASIFA. Vol. 2 No. 1 Maret 2011.. [Diakses 8 September 2015]

Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang

Isjoni (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Kuklthau. 2013. Capacity Building Series K-12. Support every child reach every student. ISSN: 1913 8490 [Online]. [Diakses 16 Agustus 2015]

Mathews, J. 2007. Problem-Based Learning and Adult English Language Learners Center for Adult English Language Acquisition, Center for Applied Linguistics. Center for Applied Linguistics 4646 40th Street NW Washington, April 2007 DC 20016-1859. [online]. [Diakses 5 September 2015]

Syah , Muhibbin (2006) Psikolog Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosda Karya

NCTM. (2000), Principles and Standarts for Mathematics, Reaston , VA: NCTM

[Diakses 5 September 2015]

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang; UM Press




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.