Perbedaan Kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan Aplikasi Google Meet dan WhatsApp

ulfah syuhada okto

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk melihat ada tidaknya menemukan kemampuan masalah siswa antara pembelajaran online dengan aplikasi Google Meet dan pembelajaran online dengan aplikasi WhatsApp pada saat pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa STMIK Royal Kisaran kelas SK 1A dan SK 1B tahun ajaran 2019/2020. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan pengelolaan masalah matematis siswa. Tes dilakukan dengan memberikan berupa soal uraian sesuai dengan indikator dan kisi-kisi masalah matematika yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji Anova diperoleh nilai Sig. <0,05 yaitu 0,000 <0,05.Ini menunjukkan bahwa siswa


Full Text:

PDF

References


Daut, M. (2016). Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.

De Kock, R., & Futcher, L. a. (2016). Mobile device usage in higher education institutions in South Africa. 2016 Information Security for South Africa - Proceedings of the 2016 ISSA Conference, Celda, 27–34. https://doi.org/10.1109/ISSA.2016.7802925

kartika, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Jurnal Semmastika Unimed, 6(1), 1–11.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media Whatsapp Group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (Masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i2.1878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.