MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG

Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2015. Tujuan penelitian ini adalah diperolehnya informasi tentang hasil belajar siswa pada materi pokok bentuk aljabar di kelas VII SMP Harapan 1 Medan setelah menggunakan metode pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk : (1) Tes, (2) Observasi (3) Angket. Untuk melihat peningkatan hasil postes dibandingkan dengan hasil pretes, maka dilakukan uji Mc Nemer untuk signifikan perubahan. Penerapan metode pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan kepada siswa. Hasil pelaksanaan siklus I dengan menerapkan metode pembelajaran langsung diperoleh tingkat ketuntasan 70 % sedangkan pelaksanaan siklus II dengan menerapkan CTL dengan  metode pemberian tugas diperoleh tingkat ketuntasan klasikal  87,5 %. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa berlangsung dengan baik dengan penerapan metode pembelajaran langsung didalam pembelajaran.

 

Kata kunci: pembelajaran langsung, aljabar, hasil belajar siswa

 

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2007.a. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2007.b. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Driana. 2012. Gawat Darurat Pendidikan. Diunduh tanggal 05 Mei 2015 dari (http://nasional.kompas.com/read/2012/12/14/02344589/gawat.darurat.pendidikan).

Sudjana. 1992. Metode Statistika, Penerbit Trasio, Bandunng.

Sukino. 2012. Matematika Untuk SMP Kelas VII, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.