PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN DIRECT INSTRUCTION

Jumaita Nopriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada materi SPLDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Sampel penelitian sebanyak 56 orang. Hasil belajar  matematika materi SPLDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh rata-rata 7,5 sedangkan  hasil belajar matematika materi SPLDV dengan menggunakan direct instruction diperoleh rata-rata 69,82.  Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai “thitung= 2,82, sedangkan taraf α = 0,05 dan dk = 54 maka nilai “ttabel1,673. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa thitung >  ttabel yaitu 2,82 > 1,673 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya  terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi SPLDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan direct instruction di kelas X SMA Negeri 8 padangsidimpuan.

 

Kata kunci:  sistem persamaan linear dua variabel, student teams achievement division,  direct instruction

 


Full Text:

PDF

References


Evilina, D. 2010. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Semarang: CV. Ghyyas Putra.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Prasetyono, D.S., dkk, 2008. Panduan Pelajaran Matematika 1. Baguntapan Jogjakarta: Diva Press.

Riaedy, I., dkk, 2013. Rangkuman Materi & Soal Latihan Matematika SMA/MA. Jakarta: PT. Grasindo.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembang-kan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta:




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.