PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN NHT

Ulfah Syuhada Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD pada materi Pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Kisaran. Hasil penelitian dari kelas eksperimen 1 yang diajar dengan menggunakan model kooperatif Tipe NHT, diperoleh rata – rata pretes sebesar 39,789 dan rata – rata postes sebesar 78,737 sedangkan dari kelas eksperimen 2 yang diajar dengan mengunakan model kooperatif tipe STAD diperoleh rata – rata pretes sebesar 37,474 dan rata – rata postes sebesar 70,474. Analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf a = 0,05 diperoleh thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang diajar dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD dan NHT pada Materi Pecahan  di kelas VII SMP Negeri 2 Kisaran T.A.  2012/2013.

 

Kata kunci: student teams achievement division, number head together, problem solving


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Erankkyas 2011. http://erankyas. blogspot.com/ 2011/05/ pemecahan-masalah (accessed februari 2012)

Isjoni, H. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandir, M. 2009. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Pustaka publisher.

Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstua. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sukirman, 2008. Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra. 2001. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PAU-PPAI.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.