PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TENTANG PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA LEARN FROM HOME (LFH) PANDEMIC COVID-19

Anim Anim, mapilindo mapilindo

Abstract


Tujuan dari penenlitian Analisis deskriptif pada penelitian ini yaitu untuk mengkaji persepsi mahasiswa Pendidikan Matematika mengenai pembelajaran daring terkait pemanfaatan Aplikasi yang digunakan, kelebihan dan kekurangan serta respon tertentu yang digemari mahasiswa untuk membantu mereka menghasilkan output yang lebih baik dari kegiatan belajar mengajar secara daring selama masa covid-19.populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi (prodi) pendidikan matematika semester genap, dan sampel yang daiambil sebanyak 58 mahasiswa pada prodi pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket melalui Googleform serta wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari sampel yang diukur mahasiswa lebih banyak menggunakan pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsapp sebanyak 49 responden dan menggunakan google classroom sebanyak 35 responden dan pada aplikasi lainnya sebanyak 12 responden 4 responden pada zoom dan 3 responden pada google meet. Dengan respon mahasiswa pada pernyataan “Pembelajaran daring membuat proses perkuliahan lebih terorganisir” menunjukkan bahwa yang menyatakan tidak setuju sebnyak 48% dan yang menyatakan “Cukup setuju” sebnyak 36%,dll. dengan temuan saran dari beberapa mahasiswa yang menyatakan perlunya dilakukan evalusi bersama baik dosen atau mahasiswa dalam memilih aplikasi dan memanfaatkannya sebagai sarana pembelajaran.

 

Kata Kunci:   persepsi mahasiswa, aplikasi,  pendidikan matematika


Full Text:

PDF

References


Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Anim, A., & Nisa, K. (2020). Pengenalan Pengunaan Laboratorium Microteaching Pada Guru SD Se – Kabupaten Asahan Di Era Industri 4 . 0. 2(1), 1–5. http://jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/view/1170/999

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5

KPAI. (2020). Lawan Covid -19 Dengan Jarak Sosial. https://www.kpai.go.id/berita/lawan-covid-19-dengan-jarak-sosial .

Nugraha, U. (2015). Jurnal Cerdas Sifa 1 Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.1007/s11837-012-0378-1

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Setiawan, E. (2019). KBBI Online versi 2.8. Https://Kbbi.Web.Id/. https://kbbi.web.id/persepsi

sevima. (2020). 5 kebijakan pendidikan masa darurat corona. https://sevima.com/5-kebijakan-pendidikan-masa-darurat-corona/

Singh, G., donoghue, J, O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice, 2(1).

Yazid, T. P., & Ridwan. (2017). Proses Persepsi Diri Mahasiswi dalam Berbusana Muslimah. Jurnal An- Nida’, 41(2). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/4653

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.