PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN SNOWBALL THROWING

Ririn Sundari, Srirahma Dewi saragih

Abstract


ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dan Snowball Throwing pada materi Persamaan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 5 Kota Tanjungbalai Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Tanjungbalai Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas, kelompok eksperimen (Think Talk Write), dan kelompok kelas kontrol (Snowball Throwing). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes yang berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Dari hasil penelitian hipotesis diperoleh harga . Dengan membandingkan harga ini pada tabel, dengan dk = 77, diperoleh , ternyata  . Hal ini berarti bahwa  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dan diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi persamaan kuadrat kelas X SMA Negeri 5 Kota Tanjungbalai tahun ajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: Think Talk write, Snowball Throwing, Persamaan Kuadrat.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (edit Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi-nya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjoko. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rineka cipta.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar

Suyitno. 2004. Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang : UNNES

Waluyo, S., dkk. 2008. Matematika SMA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i2.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.