PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA

Tua halomoan Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa, (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan (3) meningkatkan respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika. Pendekatan yang diterapkan dalam proses adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran matematika dengan materi geometri. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2 SMP Swasta Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengukur aktivitas belajar, tes untuk mengukur kemampuan koneksi matematika siswa, dan angket untuk mengukur respon positif siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) terjadi peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan rata-rata persentase klasikal sebesar 65,63% pada siklus I dan sebesar 87,50% pada siklus II, (2) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata persentase sebesar 80,72% pada siklus I dan sebesar 87,86% pada siklus II, dan (3) terjadi peningkatan respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan CTL dengan rata-rata sebesar 3,33 pada siklus I dengan kriteria baik dan rata-rata sebesar 3,56 pada siklus I dengan kriteria sangat baik.

 

Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, kemampuan koneksi matematika


Full Text:

PDF

References


Budiningsih, A. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ismail, dkk. 2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT

Jhonson, Elaine B. 2009. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Balajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Grafindo Persada

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriyanto, H.J. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta:




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.