PENGARUH HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI FKIP UMSU

Indra Maryanti, Sri Wahyuni, Ellis Mardiana Panggabean

Abstract


Model pembelajaran, metode pembelajaran dan teknik pembelajaran yang digunakan oleh dosen akan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Salah satu model pembelajaran yang merupakan model pembelajaran student centered adalah Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah.Adapun tujuan penelitian ini: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap hasil belajar mahamahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. (2) Berapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar mahamahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer prodi pendidikan matematika FKIP UMSU? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.Adapun teknik analisis data dilakukan dari tahapan uji deskripsi data, selanjutnya uji prasyarat yaitu uji normalitas dan kelinieritasan, kemudian uji hipotesis. Langkah-langkah dalam penelitian adalah sebagai berikut : (1) Peneliti memberikan stimulus untuk kelas sample yaitu dengan model pembelajaran Berbasis Masalah; (2) Pada saat poses pembelajaran dosen melihat keaktifan belajar mahasiswa; (3) Memberikan tes essay untuk melihat tingkat keberhasilan mahasiswa dalam pembelajaran; (4) Melakukan uji statistik untuk melihat pengaruh hasil belajar mahasiswa menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar mahamahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer prodi pendidikan matematika FKIP UMSU yaitu sebesar 75,8%.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2002. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata pelajaran Matematika.Jakarta

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta. Pusat kurikulum. Balitbang Depdiknas

Depdiknas.2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tenntang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama.Jakarta: Depdiknas

Hamalik, Omar. 2007. Evaluasi Kurikulum Pendekatan Sistematik. Bandung: Yayasan Al-Madani Terpadu

Hosnan.2014.Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad21.Jakarta:Galian Indonesia

Ibrahim, M, dkk.(2000) Pengajaran Berdasarkan Masalah.Surabaya :

Unesa. Kurniati,A. 2014. Interkoneksi Pembelajaran Aljabar Linear Elementer Dengan Islam Dan Manfaat Serta Aplikasinya Dalam Kehidupan.Jurnal Potensia vol.13 Edisi 2 Juli – Desember 2014.

Marsini, dkk.Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 7, Nomor 2, Desember 2015, hlm.1125-1187.

Siswanto. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.