IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Haryati Ahda Nasution, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki implementasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap pembelajaran matematika pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Tamora 2 sebanyak 73 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design., populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan uji Independent Sample t Test. Sebelum digunakan uji Independent Sample t Test terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa pada kelas eksperimen sebesar 29,94dan pada kelas kontrol 22,46 dan berdasarkan hasil uji Independent Sample t Test diperoleh signifikansi α = 0,03. Karena taraf nilai signifikan  hasil belajar lebih kecil dari α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran contextual teaching and learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas .(2005). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika.Jakarta.

Nurhadi, dkk.2002. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ridwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.