PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PERCUT SEI TUAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Tanti Jumaisyaroh Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Al-Maksum Percut Sei Tuan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan mengambil dua kelasĀ  secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 66 orang dimana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran langsung. Oleh karena itu,disarankan agar kooperatif tipe STAD dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir pemecahan masalah matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Cahyo, A. N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Masitah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Positif Matematis Siswa MTs. Medan: Tesis PPs UNIMED. Tidak diterbitkan.

Rahayu, R. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Percut Ar Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Medan: Tesis PPs UNIMED. Tidak diterbitkan.

Sari, S., Elniati, S., dan Fauzan, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2,No.3,(Online), (ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/.../882, diakses 19 Juni 2015).

Suprapto. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. Vol. 2 No. 3, (Online),(dealmathedu.p4tkmatematika.org/wpcontent/uploads/2016/01/3_Suprapto.pdf, diakses 19 Desember 2016)

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Kencana




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.