Pengaruh Pendekatan Mathematical Habits of Mind terhadap Kemampuan Literasi Matematika

Dewi Suwaibah, Iis Holisin, Himmatul Mursyidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh Pendekatan Mathematical Habits of Mind (MHM) terhadap kemampuan literasi matematika dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperiment Pretest-Posttest Control Group Design yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Sampel pada penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing terdiri dari 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest/posttest kemampuan literasi matematika dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan literasi matematika kelas kontrol sebesar 66,74 dengan standar deviasi 8,637 dan peningkatannya termasuk kategori sedang yaitu 0,44; (2) Rata-rata kemampuan literasi matematika kelas eksperimen sebesar 75,91 dengan standar deviasi 11,015 dengan peningkatan termasuk kategori sedang yaitu 0,58; (3) Hasil uji t terhadap posttest kemampuan literasi matematika diperoleh nilai  yaitu  sehingga terdapat pengaruh pendekatan MHM terhadap kemampuan literasi matematika. Lebih lanjut, rata-rata peningkatan kemampuan literasi matematika di kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,58 dan 0,44 sehingga kemampuan literasi matematika di kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol; dan (4) Sebesar 74,78% peserta didik merespon postif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan MHM.

Full Text:

PDF

References


Anggarsari, P. A. (2017) Pengaruh Pendekatan Mathematical Habits of Mind Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jakarta.

Dwirahayu, G., Kustiawati, D. and Bidari, I. (2018) ‘Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis’, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 2(2). 91–104.

Ekawati, E. (2011) Peran, Fungsi, Tujuan, dan Karakteristik Matematika Sekolah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan PPPPTK Matematika. Available at: https://p4tkmatematika.org/2011/10/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/ (Accessed: 29 September 2019).

Intisari (2015) ‘Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika’, Junal Pendidikan Pasca Sarjana Magister PAI, 1(1). 62–71.

Nuurjannah, P. E. I., Hendriana, H. and Fitrianna, A. Y. (2018) ‘Faktor Mathematical Habits of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat’, Jurnal Mercumatika, 2(2). 51–58.

OECD (2013) PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Soving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD (2019) PISA 2018 Result (Volume I, II & III): Combined Executive Summaries. Paris: OECD Publishing.

Prasetyani, I. and Suparman (2018) ‘Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tinggi Mahasiswa Kaitannya dengan Soal PISA’, in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sholihah, D. A. and Mahmudi, A. (2015) ‘Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2). 175–185.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitati dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(1), 1-13.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i2.1107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.