PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERORIENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Rianita Nita Simamora

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan tingkat ketuntasan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah; (2) Mendeskripsikan tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan masalah; (3) Mendeskripsikan  aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berdasarkan masalah dan (4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berdasarkan masalah. Jenis penelitian ini adalah  pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 2Tanah Jawa, dan sampelnya dipilih secara acak dengan VIII-7 yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pemahaman konsep matematis siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,875. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat ketuntasan kemampuan pemahaman kosep matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah yaitu secara klasikal sebesar 85,71% sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ujicoba  yaitu 0,41 meningkat menjadi 3,06. Aspek kemampuan pemahaman konsep matematis yang paling tinggi peningkatannya adalah pada aspek mendefinisikan; (2) Tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan masalah sudah dapat dikatakan efektif, sebab rata-rata kemapuan guru mengelola telah mencapai kriteria minimal; (3) Aktivitas aktif siswa selama  proses  pembelajaran dalam  pembelajaran berdasarkan  masalah sudah berada pada kriteria batasan keefektifan  pembelajaran; dan (4) Respon siswa  terhadap  komponen dalam  proses pembelajaran berdasarkan  masalah  sudah  menunjukkan respon yang  positip.Peneliti  menyarankan agar  pembelajaran  berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v4i2.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.