PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK PUISI

Sundari Nurul Utami, Surono Surono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik puisi yang terkandung dalam antologi oleh siswa kelas X MAS Daerah Simpang Empat tahun ajaran 2017/2018.Sampel penelitian ini sebanyak 70 siswa. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan cara menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa mengidentifikasi unsur intrinsik puisi yang terkandung dalam antologi dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sebesar 82,43 berada pada taraf baik. Siswa yang memperoleh  nilai tertinggi adalah nilai 90, nilai sedang 80 dan nilai terendah adalah70. Jika dipersenkan nilai kelas eksperimen maka 46% atau 16 orang siswa kategori sangat tinggi atau yang memperoleh nilai 85-100, 48% atau 17 orang siswa kategori tingggi atau yang memperoleh nilai 75-84 dan 6% atau 2 orang siswa kategori cukup atau yang memperoleh nilai 65-74. Sedangkan nilai rata-rata mengidentifikasi unsur intrinsik puisi yang terkandung dalam antologi dengan model konvensional sebesar 65,14 berada pada taraf cukup. Siswa yang memperoleh  nilai tertinggi adalah nilai 75, nilai sedang 60 dan nilai terendah adalah 55. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diketahui bahwa th>tt  pada taraf signifikasi 0,05 (5%) harga th sebesar 18,39 dan tt sebesar 2,03. Dengan demikian hipotesis yang penulis rumuskan pada penelitian ini menyatakan “Terdapat Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Puisi yang Terkandung dalam Antologi oleh Siswa Kelas X MAS Daerah Simpang Empat Tahun Ajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N.L. 2012. Aktif Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: PT. Wangsa Jatra Lestari.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2008. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim et all. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP. Press.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada: Medan.

Jabrohim, Suminto A. Sayuti, Chairul Anwar. 2009.”Unsur-unsur Puisi” dalam

Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nawawi, Hadari. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Singarimbun, Masri. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Bintang.

Sudijono, Anas. 2007. Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Cv. Alfa Beta.

Sayuti,Suminto, A. 2008. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supriyadi. 2006. Pembelajaran Sastra yang Apresiasif dan Integratif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Syafarudin. 2005. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT Gramedia.

Waluyo, Herman J. 1991. Teori dan Apresiasi Sastra. Surakarta: Erlangga.

Waluyo, Herman J. 2001. Teori dan Apresiasi Sastra. Surakarta: Erlangga.

Waluyo, Herman J. 2002.Teori dan Apresiasi Sastra. Surakarta: Erlangga.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta : Gramedia




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License