NOVEL GADIS KRETEK KARYA RATIH KUMALA KAJIAN FEMINISME DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN

Amelia Simanungkalit

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan dan menjelaskan tokoh wanita, 2) mendeskripsikan dan menjelaskan perjuangan kesetaraan gender tokoh wanita, dan 3) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Penelitian adalah penelitian deskriptif dengan metode content analisys (analisis isi). Sumber data penelitian ini adalah Novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil yaitu : 1) kepribadian tokoh/profil perempuan yang digambarkan lewat Roemaisa dan Jeng Yah adalah sebagai tokoh yang tegar, mandiri dan berwibawa sedangkan tokoh Purwanti yang berani menguatarakan isi hatinya kepada pemudanya, 2) Perjuangan kesetaraan gender dalam novel ini digambarkan pada tokoh Roemaisa dan Jeng Yah. Kedua perempuan ini sangat berpengaruh dalam usaha kretek keluarga mereka. 3) Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel gadis Kretek ini meliputi ; a) Nilai Religius, yang menekankan antara hubungan manusia dengan Tuhan, b) Nilai Pendidikan Moral, yang berhubungan dengan nilai baik/buruknya tingkah laku manusia, c) Nilai pendidikan budaya, yang berhubungan dengan tradisi dan kebiasaan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Djajanegara, Soenarjati. 2000. Kritik Sastra Feminis, Sebuah Pengantar. Jakarta : GramediaPustaka Utama.

Mansur Fakih. 2007. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nyoman Kutha Ratna. 2004. Teori. Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Retno Winarni. 2009. Kajian Sastra. Salatiga : Widya Sari Press Salatiga.

Ratih Kumala, Gadis Kretek. 2012. Jakarta: Kompas Gramedia

Sikana, Mana. 2007. Teras Susastra Melayu Tradisional. Selangor: Pustaka Karya.




DOI: https://doi.org/10.36294/jkb.v8i2.1725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics

View My Stats

Indexed by:

      

 

Supervisied-by:

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License