MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH BELANDA DI KELAS XI IS-1 SMA NEGERI 1 KISARAN

Bambang Gulyanto

Abstract


Penelitian dilaksanakan di Kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Kisaran pada semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah mata pelajaran Sejarah materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Kisaran Kabupaten Asahan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 orang. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah dapat ditingkatkan dengan menggunakan Multimedia Interaktif. Pada prasiklus dari 23 orang siswa yang hasil belajarnya tuntas hanya 7 orang siswa (30,43%). Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 17 orang siswa ( 73,91%). Dan pada siklus II menjadi 22 orang (95,65%). Peningkatakan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II sangat signifikan setelah menggunakan Multimedia Intraktif pada mata pelajaran Sejarah materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah Belanda di kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Kisaran Kabupaten Asahan. Penggunaan Multimedia Interaktif dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Sejarah materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah. Penggunaan Multimedia Interaktif telah mambuat siswa lebih aktif dan mengurangi dominasi guru dalam mengajar.

Kata kunci : Hasil Belajar, Multimedia Interaktif, Sejarah


Full Text:

PDF

References


Arends,R.I,(2006) Learnig to Teach, Belajar Untuk Mengajar (terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto tahun 2008) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar (2013), Media Pembelajaran. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi (2003), Dasar – Dasar Pendidikan ( Edisi Revisi), Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi ke-6. Cetakan XIII , Jakarta : Rineke Cipta.

Ary, Donald., Lucy Cheser Jacobs, Asghar Razavieh (2004), Introduction to Research in Education. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Diterjemahkan oleh Arief Furchan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dimyati, Mudjiono (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud dan PT Rineka Cipta.

Djamarah,S.B.(2006) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta :Rineka Cipta.

Gredler, Margaret E.(2011) Learning and Instruction, Teori dan Aplikasi, Diterjemahkan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Predana Media Group,

Hamalik, Oemar (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ngalimun.(2012) Strategi dan Model Pembelajaran. Jogyakarta : Aswaja Pressindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.