Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas X pada Kegiatan Praktik Debat Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Air JomanN

Vasa Azlia Zahara, Nila Sudarti

Abstract


Penelitian ini mengkaji mengenai Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas X Pada Kegiatan Praktik Debat Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Air Joman Pada Tahun Ajaran 2021/2022”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan tingkat kesantunan berbahasa berdasarkan prinsip kesantunan Leech dalam kegiatan praktik debat di SMK Negeri 1 Air Joman. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Melalui teknik pengumpulan data tersebut ditemukan kesul itan-kesulitan yang dialami siswa dalam melakukan kegiatan praktik debat dan berdasarkan analisis data, diperoleh lima bentuk maksim dan pelanggaran maksim berdasarkan prinsip kesantunan Leech yaitu maksim kebijaksanaan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian.  Berdasarkan  analisis  data  juga  diperoleh  tingkat  kesantunan  berdasarkan  skala kesantunan Leech yaitu skala kerugian dan keuntungan, skala pilihan dan skala ketidaklangsungan. Dari  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa,  terdapat  bentuk  pematuhan  dan  pelanggaran kesantunan berbahasa dalam kegiatan praktik debat di SMK Negeri 1 Air Joman. Peneliti berharap, penelitian ini dapat dijadikan sebagai wawasan dalam membentuk sikap berbahasa dengan santun meski dalam forum debat, serta dapat memperluas dan melengkapi penelitian mendatang mengenai kesantunan berbahasa.


Full Text:

Pdf

References


Abid, S. (2019). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di Media Sosial WhatsApp. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 230–244.

Andini, D. (2019). Pembelajaran Mengonstruksi Argumen Dari Debat Secara Lisan Menggunakan Model Skemata Kritis Pada Siswa Kelas X Smkn 1 Dawuan Subang Tahun Pelajaran 2018/2019. Fkip Unpas.

Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 42–54.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. PT. RINEKA CIPTA.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2).

Djumingin, A. (2016). Analisis Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Kegiatan Presentasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. FBS.

Juharyanto, J., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2020). Debat Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Kepala Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 272–282.

Kunjana, R. (2005). PRAGMATIK Kesantunan Bahasa Imperatif Bahasa Indonesia. Penerbit Erlangga.

Kurniati, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. Jurnal Pesona, 3(2).

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika guru dalam melaksanakan program literasi di kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37.

Laily, I. F. (2015). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).

Maesaroh, S. (2017). Tindak Tutur Direktif Langsung Literal Guru pada Pembelajaran Teks Eksposisi di Kelas X IPS-3 SMA Negeri 3 Boyolali. Jalabahasa.

Mayasari, Y., Suharto, V. T., & Ricahyono, S. (2022). Penerapan Strategi Kesopanan Berbahasa di WhatsApp Group Kelas 5

SDN Sumberbening 1 Kabupaten Ngawi Pada Masa Pandemi Covid-19. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1),

–96.

Mislikhah, S. (2020). Kesantunan berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285–296.

Muslich, M. (2010). Bahasa Indonesia Pada Era Globalisasi: Keduduka, Fungsi, Pembinaan, dan Pengembangan (F. Yustianti (ed.)). PT. Bumi Aksara.

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177–181.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1).

Puspita, R., Purwadi, A. J., & Kurniawan, R. (2021). PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah

KORPUS, 5(1), 130–141.

Putri, E. D. P., & Setyadi, A. (2019). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Kegiatan “Seni Berbahasa”(Studi Kasus Di Taman Baca Masyarakat Wadas Kelir, Kec. Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 81–90.

Putri, W. R. (2019). Keterampilan Berbicara Debat.

Rahadini, A. A., & Suwarna, S. (2014). Kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa jawa di SMP N 1 Banyumas. LingTera, 1(2), 136–144.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: kesantunan imperatif bahasa Indonesia. Erlangga.

Rahayu, S. (2019). Analisis Kesantunan Berbahasa Media Sosial Instagram: Kajian Pragmatik. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Rohliana, R. (2019). Pemanfaatan Metode Bermain Peran dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Selong. EDISI, 1(1), 75–98.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Soendari, T. (2012). Pengujian keabsahan data penelitian kualitatif. Bandung: Jurusan PLB Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Solihin, E. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Pustaka Ellios.

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryana, N. (2014). Apresiasi Masyarakat Terhadap Debat Calon Presiden/Wakil Presiden Tahun 2014 Melalui Televisi di Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 18(1), 45–66.

Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. (2018). Penggunaan Gaya Bahasa Pada Debat Perdana Cagub Dan Cawagub Dki Jakarta

-2022.

Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1).

Wimala, E. Y., Srimulyani, I. N., & Saskiaputri, A. (n.d.). Debat: Sebuah Keterampilan dan Seni Berbicara. GUEPEDIA.

Yonsa, Y. F. Y. (2020). Menjalin Hubungan Sosial Melalui Kesantunan Berbahasa. Sarasvati, 2(1), 72–77.

Yusnawati, Y. (2021). Penerapan Model Debat Untuk Meningkatkan Keterampilan Diskusi Siswa Kelas X Di Sman 3 Citra Bangsa Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Pelita Eduka, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung FKIP UNA, Jalan Jendral Ahmad Yani No. 1, Kisaran, Sumatera Utara 21214, Indonesia.