PENGARUH MODEL STEAM TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 1 PULO BANDRING

Della Puspita Ramdhani, Anil Hakim Syofra

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEAM untuk meningkatkan kemmapuan spasial siswa berbantuan aplikasi GeoGebra dalam materi bangun ruang. Jenis riset kuantitatif dengan cara quasi penelitian dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Sampel yang diambil adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol, srtiap kelas berjumlah 30 peserta didik dengan memakai metode purposive sampling. Instrument yang diambil merupakan posttest kemampuan spasial siswa dengan memakai uji . Hasil uji homogenitas diperoleh dan karena maka diterima. Hasil penelitian dengan menggunakan uji diperoleh nilai sig adalah dan , maka sehingga ditolak dan diterima yang artinya Terdapat pengaruh Model Pembelajaran STEAM terhadap kemampuan spasial siswa berbantuan aplikasi GeoGebra kelas VII UPTD SMPN 1 Pulo Bandring.

Kata kunci: STEAM, Kemampuan Spasial, GeoGebra

 


Full Text:

PDF

References


Adelya. 2019. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika (Vol. 120).

Alghadari, Fiki. 2020. “Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah ?: Suatu Tinjauan Literatur.” 1: 60–72.

Pahlevi, Reza, 2023. "INFOGRAFIK: Rapor Merah Pendidikan Indonesia." Katadata.co.id. 20 Desember 2023.

Spasial, Kemampuan, dan M T S Al-ittihadiyah Galuh Timur. 2021.

“Heny, V. N. B., Widodo, A.N.A. – Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kubus dan Balok di Tinjau dari Kemampuan Spasial.” 8(1): 515–29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.