PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEETS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONINCON TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Putri Diah, Eva Margaretha Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Interaktif berbasis Liveworksheets dengan menerapkan model pembelajaran conincon guna meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik di MA Nurul Hikmah Tinjowan pada materi perbandingan trigonometri sehingga dihasilkan produk yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penilaian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan atau kelayakan pengembangan produk pengembangan LKPD Interaktif berbasis Liveworksheets yaitu dengan kategori sangat valid. Kemudian kepraktisan LKPD Interaktif berbasis Liveworksheets dilihat dari respon guru yaitu , serta respon peserta didik yaitu dengan kategori sangat praktis. LKPD Interaktif berbasis Liveworksheets yang telah dikembangkan ini sudah memenuhi kategori sangat efektif berdasarkan ketuntasan belajar klasikal sebesar dari jumlah peserta didik yag dinyatakan tuntas belajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang digunakan.


Full Text:

PDF

References


Hidayah, A., & Yuberti. (2018). Pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap keterampilan proses belajar fisika siswa pokok bahasan suhu dan kalor. Indonesian Journal of Sciense and Mathematics Education, 1(1), 21–27.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: A Guide for Mathematicians.

Saminanto, Kartono, & Mulyono. (2018). Model Pembelajaran CONINCON Untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP/MTs.

Suparlan. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori Sampai dengan Praktik.

Syahputra, M. Z. (2019). Kemapuan Siswa Dalam Melakukan Koneksi Matematis. December.

Widyawati, S. (2019). PENGARUH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS IX SMP DI KOTA METRO. 15(1), 165–175.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.