PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMA

Elsa Tiara Wulandari, Ely Syafitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKDP berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA Negeri 1 Air Joman  dan untuk memperoleh kelayakan LKPD yang ditinjau dari valid, praktis, dan efektif serta untuk mendapatkan hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan LKPD berbasis CTL  berbantuan geogebra, dan respon siswa terhadap LKPD berbasis CTL berbantuan geogebra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dan model penelitian yang digunakan untuk mengembangkan LKPD berbasis CTL adalah model 4-D (define, design, develop, disseminate). Hasil penelitian yang diperoleh adalah LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan nilai rata – rata uji validasi oleh para ahli sebesar 97%. LKPD mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan skor analisis kepraktisan sebesar 87% dengan kriteria sangat praktis. LKPD berbasis CTL pada materi perbandingan Trigonometri pada segitiga siku – siku efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibuktikan dengan hasil hasil tes kemampuan berpikir kritis yang memperoleh rata rata nilai 85,71 yang dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengembangan LKPD berbasis CTL terhadap kemampuan berpikir matematis pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku siku layak digunakan dilihat dari aspek valid, praktis, dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Aprilita Sianturi, Tetty Natalia Sipayung, dan F. M. A. S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Geomath, 2(2), 65. https://doi.org/10.55171/geomath.v2i2.868

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Dhani, M. I., & Rahayu, W. (2023). Literatur Review: Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 10(2), 118–135. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9144

FACIONE. (2020). Analisis Entrepreneurship Dan Berpikir Kritis Berdasarkan Teori Facione-Angelo Melalui Pengintegrasian Stem Berbasis Pjbl. Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 36–54.

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412/25445

Husnidar, ulva. (2023). Asimetris: jurnal pendidikan matematika dan sains. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm/ Info

Marsuki, S., Nurhadi, M., & Usman. (2019). Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning dengan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Bivalen: Chemical Studies Journal, 2(2), 34–36. https://doi.org/10.30872/bcsj.v2i2.313

Shalihah, P. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Melalui Inkuiri Terbimbing Improving Critical Thinking Skills and Inquiry. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6, 521.

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021b). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320–325.

Syamsul Hadi, N. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97

van den Akker, J., Nieveen, N., Branch, R. M., Gustafson, K. L., & Plomp, T. (1999). Design methodology and developmental research in education and training. The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.