Pengaruh Model Treffinger Berbantuan Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di UPTD SMP Negeri 2 Silau Laut

Dila Wati, Nova Eliza Silaen

Abstract


Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh model Treffinger berbantuan video animasi berbasis powtoon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa  kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Silau Laut tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  VIII di UPTD SMP Negeri 2 Silau Laut. Dua kelas dipilih secara purposive sampling untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkan model Treffinger berbantuan video animasi berbasis powtoon sedangkan kelas VIII-2 kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor kemampuan pemecahan masalah matematis  yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan data kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah diperoleh, diketahui bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen (83,6667)  dari kelas kontrol (73,6667) . Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  yaitu 4,943501 1,671553 maka  ditolak dan  diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh model  Treffinger berbantuan video animasi berbasis Powtoon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di UPTD SMP Negeri 2 Silau Laut.

Kata Kunci: Model Treffinger , Powtoon, Kemampuan Pemecahan, Matematis.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Antasari, M., Hanifa, Susanta, A., & Haji, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Search , Solve , Create And Share ( Sscs ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta. 4(2), 822–838.

Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. DEEPUBLISH.

Arifin, Z. (2016). EVALUASI PEMBELAJARAN (P. Latifah (ed); 8th ed.). PT.Remaja Rosdakarya.

Ayuningsih, M. P. N., & Dwijayani, M. N. (2019). Pengaruh Model Treffinger Berorientasi Kearifan Lokal Berbantuan Tugas Berjenjang Terhadap Self Efficacy Matematika Siswa SMP. 10(1), 105–111.

Azizah, N., Salwah, & Ikram, M. (2022). Analisis Proses Pemecahan Masalah Siswa Dalam Mensketsa Luas Daerah Di Bawah Kurva. 2013, 40–59.

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Ii(1), 26–34.

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Paada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 5(5), 3799–3813.

Eka Utari, N. K. S. (2016). Peningkatan Pemahaman Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Bermedia Gambar. Inclusive: Journal of Special Education, II(01), 33–61.

Fadilah, A. A., Pd, M., Sukmawati, I., Kurniawan, E. Y., & Pd, M. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 5 Sd Negeri Karang. 1(9), 1843–1858.

Fitriani. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. 01(01), 14–19.

Hanafi, komang sundara, zakaria anshori. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Siswa SMP. 5(1).

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Matematis Dan Adversity Quotient Siswa. 2(1), 109–118.

Irma, Ade. (2022). Pengaruh Model Treffinger Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMAS Taman Siswa Kisaran. Skripsi. Asahan: Universitas Asahan.

Isroil, A., & Supriyanto. (2020). Berpikir Dan Kemampuan Matematika (Surabaya). Penerbit JDS.

Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, dan M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis (MeA). Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 5(November), 2086–2334.

Juanti, L., Santoso, B., & Cecil, H. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran treffinger. 198–217.

Khairiah, L., & Amir, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Setting Model Pembelajaran Treffinger Creative Thinking Ability in Treffinger ’ s Learning Model Settings. 7(2), 54–58.

Kusuma, J. W., Jefri, U., & Hidayat, A. (2020). Application of Treffinger Learning Model to Improve Creative Reasoning and Mathematical Problem Solving Skills as Well as Student Learning Interests. 4(2), 204–213.

Lahinda, Y., & Jailani. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. 2, 148–161.

Laksamana, Puta Agung. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning(PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Turunan Kelas XI TKJ/AP SMK Swasta Harapan Danau Sijabut. Skripsi. Asahan: Universitas Asahan.

Layali, N. K. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. 05(02), 137–144.

Mahariyanti, E., Prayunisa, F., Pendidikan, I., Global, N., & Ntb, L. T.-. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA. 3(1), 31–36.

Munandar, H., Azzajjd, M. F., & Ahmar, D. S. (2021). Application of Treffinger Learning Model Combined With Audio Visual Media To Improve Basic Chemistry Learning Outcomes. 1(2).

Nurrita,Teni (2018)Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika ( KAM ). 3(2), 207–215.

Purnami, N. P., Sulianingsih, N. W., & Widyantari, N. P. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. Prospek I, 25–31.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., Nuryana, D., Studi, P., Matematika, P., Terusan, J., Sudirman, J., & Siswa, P. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. 6(2), 82–90.

Qodir, A. (2017). EVALUASI DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN (M. I. K. Ngalimun, M.Pd. (ed.)). K-Media.

Rahmawati, A. (2022). Kelebihan Dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran. 17(1), 1–8.

Riastini, N., & Mustika, A. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. 1, 189–196.

Risma Handayani, N. P., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Rosiyana, M., & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Treffinger pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Tengki 02 Kabupaten Brebes. 06(01), 8261–8270.

Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Pratikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram,6(2),46.

https: //doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966

Roza, Y. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kecamatan Banten. 11(2), 310–319. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2301

Shoimin, Aris. (2014).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.AR-RUZZ MEDIA

Simbolon, A. K. A. P. (2021). Jurnal Didactical Mathematics Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 3, 20–28.

Situmorang, A. S. (2023). Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. 04(01), 74–80.

Siyoto, S. (2015). DASAR METODOLOGI PENENELITIAN (Ayup (ed.); 1 st ed.). Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Sultan, A., & Bancong, H. (2017). Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences Melalui Model Pembelajaran Langsung Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 5(1), 120620.

Sumartini,T.S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2),148-158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Logika, XVI(1), 1–11.

Tampubolon, C., Program, M., & Pendidikan, S. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kraetif Siswa Di Kelas X Sma Negeri 2. 1(2), 91–100.

Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013) Konsep, Prinsip & Prosedur. In Unipma Press (Vol. 53, Issue 9).

Zega, S. S., Lase, S., & Mendrofa, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 4 Gunungsitoli. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5),687–702. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1356


Refbacks

  • There are currently no refbacks.