EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP

Maria Ulfa, Eva Margaretha Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keefektifan model pembelajaran Scramble ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 5 Tanjungbalai T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 6 kelas. Adapun sampel penelitian yang digunakan yaitu 2 kelas (kelas VIII-4 dan kelas VIII-5). Pada kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Pengambilan sampel pada penelitian tersebut di tentukan dari sekolah (purposive sampling). Sebelum diberikan pengajaran, terlebih dahulu diberikan pretest kepada tiap– tiap kelas dengan rata – rata nilai eksperimen 18,20 dan kelas kontrol 18,73. Kemudian setelah diberi pengajaran dengan masing – masing pembelajaran, tiap – tiap kelas diberikan posttest dengan nilai yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 82,00 dan kelas kontrol sebesar 66,40. Sehingga diperoleh hasil uji hipotesis dari penelitian ini yaitu maka diterima dengan demikian maka terdapat keefektifan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Scramble ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa Di SMP Negeri 5 Tanjungbalai.

Kata kunci : Scramble, Kemampuan Penalaran Matematis, SMP Negeri 5 Tanjungbalai

 


Full Text:

PDF

References


Arianti, N., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Peingaruh Moideil Peimbeilajaran Proibleim Poising Beirbantuan Meidia Seimi Koinkreit Teirhadap Koimpeiteinsi Peingeitahuan Mateimatika. 3(4).

Deipdiknas. (2006). Peiraturan Meinteiri Peindidikan Nasioinal noimoir 22.

Huda, M. (2017). Moideil-Moideil Peingajaran Dan Peimbeilajaran. Pustaka Peilajajar.

Rina. (2018). Peiningkatan Keimampuan Peimeicahan Masalah Mateimatis Siswa Meilalui Moideil Peimbeilajaran Koioipeiratif Tipei Scramblei Di SMP Neigeiri 1 Pinangsoiri.

Saragih, Ei. M. (2017). Peirbeidaan Keimampuan Peinalaran Dan Peimeicahan Masalah Meilalui Peimbeilajaran Kointeikstual Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Matheimatic Paeidagoigic, 2(1), 8–15. https://doii.oirg/10.36294/jmp.v2i1.116

Siagian, Ei. (2020). Eifeiktivitas Peimbeilajaran Mateimatika Ditinjau dari Seilf Eifficacy Siswa Keilas x.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Peingaruh Peimbeilajaran Daring teirhadap Minat Beilajar Siswa pada Eidukatif Masa COiVID 19. Eidukatif: Jurnal Ilmu Peindidikan, 2(3), 236–240.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.