UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA

Rini Rini, Elfira Rahmadani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu siswa kelas IX-B di UPT SMP Negeri 2 Lima Puluh Pesisir dalam kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra. Pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Yang memerlukan langkah-langkah berikut: persiapan, tindakan, evaluasi. Lembar observasi pembelajaran dan penilaian kemampuan komunikasi matematis matematis digunakan sebagai instrumen penelitian. Ada total 22 peserta dalam penelitian ini; 11 laki-laki dan 11 perempuan dari kelas IX-B di UPT SMP Negeri 2 Lima Puluh Pesisir.Kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah intervensi dibandingkan. Rata-rata prestasi siswa dalam prasiklus sebesar 59,09%, pada siklus I sebesar 69,18%, dan pada siklus II sebesar 79,18%. Selain itu, banyak siswa pada siklus II yang mencapai KKM klasikal 86,36, dimana PKK lebih besar dari 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning Aplikasi Geogebra dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX-B UPT SMP Negeri 2 Lima Puluh Pesisir .

Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra, Bangun Ruang Sisi Lengkung.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan kelas. PT Bumi Aksara.

Fahmi, A. N., Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(6), 705–716.

Jainuri, M., Rais, H., & Sutiana, N. (2021). Pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Merangin. 4(1), 74–79. Rahmayanti, M. (2021). Community medicine. Journal of the Indian Medical Association, 72(12), 279–280.

Wida, M., Dewi, K., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan di Desa Karangpawitan. 2, 151–164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.