PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA

Epifani Diliati Ndraha, Syahriani Sirait

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Window Shopping berbantuan media interaktif berbasis Canva pada materi Perbandingan di kelas VII UPT SMP Negeri 2 Tanjung Tiram Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII yaitu  3 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran window shopping berbantuan media interaktif berbasis canva dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara sampling purpose. Sebelum pembelajaran diberikan diperoleh pretest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 14,28 dan kelas kontrol 15,92 sedangkan setelah pembelajaran selesai, diperoleh posttest dengan rata-rata kelas eksperimen 80,57 dan kelas kontrol 72,46. Hasil uji t diperoleh  Thitung= 2,501> Ttabel= 2,007 maka  diterima,  sehingga diperoleh terdapat Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Window Shopping berbantuan media interaktif berbasis Canva pada materi Perbandingan di kelas VII UPT SMP Negeri 2 Tanjung Tiram.

 Kata kunci: Window Shopping, Perbandingan, Literasi Numerasi


Full Text:

PDF

References


Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.

Kemendikbud. (2017). Kemampuan literasi numerasi siswa sd inklusif dalam memecahkan soal cerita. 04(06), 895–905.

Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022. 2022. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Nengsih, S. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Window Shoping Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 1. https://doi.org/10.26418/ja.v3i1.55173

Nurfadila, N., Ahmad, H., & Ali P., M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kreativitas Matematika siswa. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1), 290. https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2455

Puspaningtyas, N., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 113–121.

Sirait, S., Rahmadani, E., Saragih, S., Napitupulu, E. E., Sari, D. N., & Syafitri, E. (2022). Analisis Proses Jawaban Siswa Pada Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Model Discovery Learning. Matematics Paedagogic, 6(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif , R&D. In Alfabeta (Issue 17). Alfabeta CV. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Jurnal Ikraith-Teknologi, 6(74), 62–68.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845


Refbacks

  • There are currently no refbacks.