SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN BAGI PELAKU UMKM DI DESA SUBUR

Tengku Syarifah, Azandi Widya Hazihihid, Aulia Khoirunnisa, Selvi Anggraini, Ridho Yutama

Abstract


ABSTRAK

 

Program pengabdian masyarakat pada bidang pemasaran adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan manfaat dan memperluas pemahaman masyarakat mengenai konsep dan praktik pemasaran. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat memahami bagaimana memasarkan produk atau layanan mereka dengan lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka. Metode yang digunakan dalam  pengabdian masyarakat ini menggunakan metode survei. Tujuan utama dari metode ini adalah sebagai upaya perubahan terencana terhadap masyarakat. Sosialisasi merupakan kegiatan yang dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, melibatkan pengenalan dan pemahaman yang bertujuan untuk mengembangkan kesadaran individu. Sosialisasi ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya para pelaku UMKM dan masyarakat di desa Subur. Permasalahan yang timbul dari masyarakat terkait pengetahuan akan pemasaran produk masih menjadi masalah utama, maka dari itu dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang strategi pemasaran yang lebih efektif, agar pelaku UMKM dapat beradaptasi akan perkembangan zaman dan memperluas pangsa pasar mereka. Mahasiswa KKNT ini melakukan  kegiatan di Aula Balai Desa. Masyarakat di Desa Subur, Kecamatan Air Joman pada umumnya menyambut dengan positif kegiatan ini dengan harapan dapat membawa perubahan dan meningkatkan pengetahuan melalui sosialisasi ini.

 

Kata Kunci : Pemasaran, Sosialisasi, Pengabdian Masyarakat

 

ABSTRACT

 

Community service programs in the field of marketing are efforts made to provide benefits and expand public understanding of marketing concepts and practices. This program aims to help people understand how to market their products or services more effectively, so as to increase their profits and business growth. The method used in community service uses survey methods. The main purpose of this method is as a planned change effort to society. Socialization is an activity that can make a positive contribution to society, involving recognition and understanding aimed at developing individual awareness. This socialization is a form of community service, especially UMKM actors and communities in Subur village. Problems arising from the public related to knowledge of product marketing are still the main problem, therefore this socialization is expected to increase knowledge and a better understanding of more effective marketing strategies, so that UMKM players can adapt to the times and expand their market share. This KKNT student carried out activities in the village hall hall. People in Subur Village, Air Joman District generally welcomed this activity positively in the hope that it could bring change and increase knowledge through this socialization.

 

Keywords : marketing , socialization, Community Service


Full Text:

PDF

References


Anasari,F., Suyatno, A.,& Astuti, I. (2016). Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasid Digital (Studi Kasus: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1).

Anwas, O. M. (2011). Anwas, Oos M. “Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Badri, M. (2016). Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Pada Gerakan desa Membangun).Jurnal Dakwah Risalah,27(2),62-73.

Cahyana, R., & Sagala, I. (2017). Model Sistem Perubahan dalam Lingkup Program Sarjana.JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, 1(1),47-54.

Darimi, I.(2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif.”Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 1(2),111-121.

Dien,M.R., & Fitriani, L. (2017).Perancangan Monitoring Absensi Dengan Fingerprint Berbasis Online.Jurnal Algoritma, 14(1),82-86.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiah Bengkulu. Jurnal Komunikator,8(2),51-66.

Nurhasanah, M., & Mawardi, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) Berbasis Bina Desa dalam Meningkatkan Kemandirian Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 10(1), 1-11.

Nasution, R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 43-54.

Simaremare, F., & Rangkuti, N. R. (2020). Peran Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 36-44.

Wulandari, I. R., & Setyaningsih, T. P. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 226-235.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.