PELATIHAN DESAIN GRAFIS LOGO UMKM MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI DESA SUBUR

Rina Hayati Maulidiah, Syahriani Siarit, Putri Lidiana Permata Sari, Cindya Agustin, Neni Agustina, Cahyani Aprilia, Putri Kemala, Aulia Ramadani, Siti Hamdayani, Siti Rahayu Murni Sinurat, Nur Aini Fatimah Az-zahra, Annisa Aprilianti, Intan Permata Sari, Dita Rahma Yanti

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian kepada masyarakat mahasiswa FKIP-UNA melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) di Desa Subur, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. KKNT MBKM berfokus pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam perkembangan teknologi. Beberapa permasalahan yang menjadi alasan pemilihan topik penelitianadalah masyarakat pelaku usaha masih banyak yang belum memiliki logo atau tanda pengenal untuk produk UMKM, selain itu masyarakat masih kurang memahami pengetahuan mengenai perbedaan antara logo dan Label produk, sehingga ada beberapa pemahaman dari masyarakat bahwa membuat logo dapat menyalahi aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, diskusi dan melakukan pelatihan. Program yang dilakukan adalah membuat pelatihan desain grafis pembuatan logo UMKM dengan menggunakan aplikasi canva dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai perbedaan Label dan Logo. Diharapkan setelah berjalannya program dapat membantu UMKM untuk membuat logo dari produk yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi canva serta dapat menambah pengetahuan Masyarakat dan UMKM mengenai perbedaan logo dan Label sehingga kedepannya akan membawa manfaat baik bagi masyarakat dan UMKM di Desa Subur.

 

Kata kunci: Aplikasi Canva,  Desain logo, Label, dan UMKM

 

ABSTRACT

 

Community service for FKIP-UNA students through the Thematic Real Work Lecture on Independent Learning Campus (KKNT MBKM) in Subur Village, Air Joman District, Asahan Regency. KKNT MBKM focuses on micro, small and medium enterprises (UMKM) in technological development. Some of the problems that are the reason for choosing a research topic are that many business people still don't have logos or identification marks for UMKM products, apart from that, people still don't understand the difference between a logo and a product label, so there is some understanding from the public that making a logo can violates the legal regulations in force in Indonesia. The research methods used are observation, interviews, discussions and training. The program carried out is to provide graphic design training for making UMKM logos using the Canva application and provide the public with an understanding of the differences between labels and logos. It is hoped that after the program runs, it can help UMKM to create logos from products produced using the Canva application and can increase the knowledge of the community and UMKM regarding the differences between logos and labels so that in the future it will bring benefits to both the community and UMKM in Subur Village. 

 

Keywords— Canva application, logo design, labels, and  UMKM. 


References


cara membuat logo olshop dengan canva di hp, mudah dan praktis! (2020, november 28). Retrieved oktober 1, 2023 from suara.com: https://amp.suara.com/tekno/2020/11/28/142528/cara-membuat-logo-olshop-dengan-canva-di-hp-mudah-dan-praktis

Agustina rini, s. d. (2021). pelatihan desain logo dan kemasan produk umkm di wilayah sekarpuro kecamatan pakis kabupaten malang. jurnal aplikasi dan inovasi iptek solidaritas, 69-76.

Astina, c. d. (2022). peningkatan UMKM bidang pemasaran dan perekonomian melalui pemanfatan aplikasi canva. SOROT ( jurnal pengabdian kepada masyarakat), 1-6.

Salsa, b. z. (2022). pelatihan aplikasi canva untuk meningkatkan kreativitas desain promo usaha mikro kecil dan menengah. jurnal abdimas prakasa dakara, 99-105.

dwi imani, r. d. (2023). penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) desa randusanga weten. jurnal pengabdian masyarakat, 43-55.

irfan pahrul, h. r. (2022). pemanfaatan aplikasi canva sebagai sarana media promosi makanan khas lombok. jurnal mengabdi dari hati, 31-38.

nurhayati ety, d. k. (2022). pelatihan membuat media promosi sederhana dengan aplikasi canva di yayasan desa hijau. jurnal abdimas BSI, 69-77.

nurul ainun, a. w. (2023). pentingnya peran logo dalam membangun branding paada UMKM. jurnal ekonomi dan ekonomi syariah, 674-681.

yoselinus, r. f. (2022). perancangan identitas visual dan media promosi griya sarana label. jurnal dimensi DKV seni rupa dan desain, 235-246.

Zaki Mubarok, S. P. (n.d.). pelatihan pembuatan logo menggunakan aplikasi canva bagi pelaku UMKM keripik pisang didesa kertaraharja. abdima jurnl pengabdian mahasiswa, 3433-3437.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.