SOSIALISASI PEMMBUATAN WEBSITE DAN PROMOSI ONLINE UNTUK PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA BANDAR PULAU PEKAN KCAMATAN BANDAR PULAU

Rosnaida Rosnaida, Mhd. Siddik Kurniawan, Devi Anisa Putri, Ayu Anggraini, Della Rizka Adinda Putri

Abstract


Saat ini kemajuan teknologi informasi tidak dapat dihindari keberadaannya. Pandemi covid 19 telah membawa perubahan pola konsumsi konsumen dari pola penjualan tradisional menuju sistem penjualan digitalisasi berbasis website. UMKM di desa Bandar Pulau Pekan masih menggunakan sistem penjualan tradisional. Kondisi tersebut menyulitkan UMKM di desa Bandar Pulau Pekan untuk melakukan promosi penjualan. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk memberikan solusi yang dihadapi melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan website sebagai sarana mempromosikan produk UMKM di desa Bandar Pulau Pekan. Hal ini sebagai terobosan baru bagi UMKM karena pemasaran secara tradisional sudah tidak efektif. Pelaksanaan kegiatan dengan metode sosialisasi, diskusi, dan pelatihan. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan mendapat respon positif dari pelaku UMKM. Secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar dan mendapat respon positif dari pelaku UMKM. Hasil kegiatan berdampak terhadap peningkatan penjualan sehingga pendapatan UMKM juga meningkat secara umum, sehingga hal itu akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan peran dari sumber daya manusia, Adanya COVID pada tahun 2020-2021 membuat MSMEs di desa Bandar Pulau Pekan harus mampu bekerja keras untuk mempertahankan usahanya yang telah dirintisnya sejak dahulu kala.

 

Kata kunci: website, promosi, penjualan.

Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2019). Strategi Pemerintahan Dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Jepara. Journal of Political and Government Studies, 8(3), 211–220.

Cant, M. C., & Wiid, J. A. (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: A South African perspective. Problems and Perspectives in Management, 14(1), 64–70. https://doi.org/10.21511/ppm. 14(1).2016.07

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd. v1i2.175

Handajani, L., Akram, Furkan, L. M., & Rifa’i, A. (2019). Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industry Kopi Lombok Di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Abdi Insani, 6(3), 409–421. https:// doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.267

Noerchoidah, Nurdina, & Ariprabowo, T. (2022). Orientasi Pembelajaran Dan Peri laku Kerja Inovatif (Peran Efikasi Diri Kreatif Pada Ukm). Jurnal Manajerial, 09(1), 16–33.

Noerchoidah, Nurdina, & Ariprabowo, T. (2022). Penguatan Kompetensi Kewirausa haan Dan Inovasi Produk Sebagai Penentu Kinerja Ukm. Buletin Bisnis & Manajemen, 08(01), 113–124.

Nurachmad, E., & Cahyadi, S. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Bagi UKM di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatu an, 9(2), 171–180. https://doi.org/10. 37641/jimkes.v9i2.770

Ryan, D. (2015). Understanding Digital Mar keting. Great Britain: Kogan Page Limited.

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur melintasi Pandemi Covid-19. Penerbit K media, Yogyakarta.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat

Taiminen, Heini Maarit; Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 1–32.

Widiawati, C. R. A., Kusumaningtyas, D., & Suliswaningsih. (2021). Pendampingan Usaha Rumahan Menjadi Usaha Mikro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.