PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN

Nisfu Fitri, Saria Sinaga

Abstract


Setiap pelaku usaha baik skala kecil, menengah atau atas menginginkan keuntungan yang maksimal dari produk yang dijualnya. Untuk mencapai hal tersebut perlu membuat strategi penjualan yang cepat dan tepat. Salah satu strateginya adalah kegiatan pemasaran ke khalayak ramai. Pemasaran adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan suatu produk. Cakupan pemasaran dapat berupa periklanan, penjualan dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain. Pemasaran dapat menggunakan media cetak maupun media online. Pada zaman sekarang, salah satu media online yang sering digunakan untuk pemasaran produk adalah media social seperti Facebook dan Instagram. Berkaitan dengan kegiatan pemasaran di media sosial untuk para pelaku usaha UMKM Berkah Kisaran memiliki permasalahan dalam pemasaran produknya. Pelaku usaha ini belum mengerti menginstalasi dan aplikasi yang tepat serta beum memahami dalam pembuatan media social sebagai strategi pemasaran yang akan dilakukan. Solusi yang dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang pemahaman media sosial yang tepat dari berbagai pilihan yang ada sebagai salah satu sarana yang nantinya dapat digunakan bagi pelaku usaha di UMKM Berkah Bersama dalam memasarkan produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu observasi, pelatihan dan evaluasi serta monitoring. Antusiasme peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat sangat besar untuk mengetahui, memahami dan mempraktekkan penggunaan instagram sebagai sarana pemasaran secara online.  Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan peserta pengabdian kepada masyarakat mengenai instagram yang dapat digunakan sebagai media pemasaran.

 

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Produk

Full Text:

PDF

References


Qurniawati, R. S. (2018). THEORITICAL REVIEW: PEMASARAN MEDIA SOSIAL. Among Makarti. https://doi.org/10.52353/ama.v11i1.159

Qurniawati, R. S. (2018). Pemasaran media Sosial. Journal of Chemical Information and Modeling.

Rachmawati, S., Pramularso, E. Y., & Sari, I. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i1.1147

Nurani, & Widhajati, E. (2019). Strategi Pemasaran Online terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di PLUT KUMKM Tulungagung. Jurnal Benefit, 6(1), 58–66. https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/267/247


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.