SOSIALISASI PEMASARAN ONLINE UMKM MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Saleh Malawat, Nur Aini, Ratna Sari, Muhammad Rizky, Alfarizy Sitompuil, Aisyah Aisyah, Firman Alam, Putri Rama Kumala, Alfizah Asriani, Muhammad Rizky Syahputra Ilyas, Dewi Azura

Abstract


UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah milik pengusaha yang dikelola perorangan. UMKM memiliki peran strategis dalam membangun perekonomian nasional. Setiap UMKM tentunya memiliki produk dan cara tersendiri dalam proses pemasarannya. Dalam dunia usaha, media sosial memiliki banyak fungsi. Fungsi pertama adalah untuk mengidentifikasi konsumen. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat uraian dari hasil pengamatan dan studi dokumentasi. Pelatihan pemasaran produk dengan menggunakan media sosial mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

 

Kata kunci : UMKM, Media social


Full Text:

PDF

References


Sarfiah SN, Atmaja HE, Verawati DM. UMKM Sebagai Pilar Membangun Bangsa. J REP (Riset Ekonomi Pembangunan) [Internet]. 2019 Oct 30 [cited 2021 Aug 26];4(2):137-46. Available from: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article/view/1952.

Werdani RE, Kurniawati NI, Sukoco JB, Windriya A, Iskandar D. Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pembedaya Masyarakat). 2020;4(1):1.

Helmalia A. PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PADANG. JEBI (Jurnal Ekon dan Bisnis Islam) [Internet]. 2018 Dec 3 [cited 2021 Aug 26];3(2):237-46. Available from: https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view182.

Munajat, Enjat dkk. Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 no 10 (Oktober, 2018): 896-899. Available from: http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20445.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta, 2015.

Yunita Purnamasari, Ari Pradhanawati, wahyu Hidayat, “Analisis peluang E-Commerce Dalam Pengembangan Usaha Mikro dan Menengah Produk Batik” (Studi Kasus pada Usaha Batik di semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 4 no. 4 (September, 2015): 45, https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/9226 (42-49).

Nurul Saputro. 2020. Manajemen Pemasaran. Available from: http://rocketmanajemen.com/manajemen-pemasaran-2/

Puntoaji, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.