PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

Hanina Hanina, Eva Margaretha, Khairun Nisa, Abdul Azis Rambe

Abstract


Orang tua sangat penting bagi perkembangan karakter anak. Banyak orang tua yang melakukan ini. Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mempromosikan dampak orang tua terhadap pendidikan karakter anak. Seluruh orang tua di Desa Bagan Dalam, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Kegiatan ini memiliki 5 langkah. Pertama, kaji kebutuhan aktivitas orang tua. Mahasiswa KKN desa memberikan rumus analisis kebutuhan kepada orang tua. Kepribadian anak ditentukan oleh kebutuhan orang tua. Kedua, orang tua melakukan kegiatan sosialisasi kunci untuk membentuk kepribadian anak mereka. Ketiga, orang tua mengajukan pertanyaan tentang formula dan bahan yang ditawarkan. Tahap ini menentukan bagaimana orang tua membentuk karakter anak. Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang perlunya keterlibatan orang tua sejak dini dalam pendidikan karakter pada anak merupakan hasil kegiatan pengabdian di Desa Bagan Dalam Kecamatan Tanjung Tiram Kab. Batu bara.

 

Kata kunci : pendidikan karakter, orang tua, Desa Bagan Dalam

 


Full Text:

PDF

References


V. Anggraini and Y. Karneli, “Konseling Individual Mengunakan Teknik Parenting Untuk Membangun Karakter Siswa,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 935–942, 2021.

E. S. Harahap, “Problematika keluarga dalam pembentukan Kepribadian anak di Desa Sukamulia Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara.” IAIN Padangsidimpuan, 2015.

O. Jatiningsih, S. M. Habibah, R. Wijaya, and M. M. K. Sari, “Peran orang tua dalam pemenuhan hak pendidikan anak pada masa belajar dari rumah,” J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 10, no. 1, pp. 147–157, 2021.

S. K. Bariyah, “Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak,” J. Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 228–239, 2019.

S. Rahmah, “Pola komunikasi keluarga dalam pembentukan kepribadian anak,” Alhadharah J. Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 33, pp. 13–31, 2019.

A. Sulistyoko, “Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak Di Era Kosmopolitan (Tela’ah Tafsir Kontemporer Atas Surat At-Tahrim Ayat 6),” IQRO J. Islam. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 177–192, 2018.

S. T. Rahmat, “Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital,” J. Pendidik. dan Kebud. Missio, vol. 10, no. 2, pp. 143–161, 2018.

A. Widyastuti, 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya. Elex Media Komputindo, 2020.

N. Jannah and K. Umam, “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19,” FALASIFA J. Stud. Keislam., vol. 12, no. 1, pp. 95–115, 2021.

N. W. Suarmini, “Keluarga sebagai wahanan pertama dan utama pendidikan karakter anak,” J. Sos. Hum., vol. 7, no. 1, pp. 118–135, 2014.

T. E. Jatmikowati, “Efektifitas Komunikasi Orang Tua terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak,” Pedagog. J. Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 1–15, 2018.

K. Kartika, “Pengaruh Pola Asuh Ayah/Ibu Terhadap Pembentuka Kepribadian Anak di Dusun leppangang Selatan Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang.” IAIN Parepare, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.