PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS RUMAHAN (UMKM) DAN DIGITAL MARKETING DESA SEI LAMA KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN

Normansyah Normansyah, Hardiansyah Hardiansyah, Dini Armawati, Nofiyola Suduki Hariyani, Rahmayani Rahmayani, Sri Wahyuni

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kini mengalami perkembangan yang sangat signifikan di Indonesia, begitu juga di Desa Sei Lama, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan. Untuk memasarkan produk UMKM milik masyarakat Desa Sei Lama dibutuhkan strategi yang tepat. Jadi dibutuhkan peran mahasiswa untuk membantu masyarakat Desa Sei Lama melalui kegiatan Pengabdian masyarakat, yang sesuai dengan slogan Universitas Asahan yaitu “ UNA Membangun Desa”. Metode yang digunakan yaitu wawancara, sosialisasi, diskusi dan pendampingan. Adapun materi yang disampaikan pada pelaku UMKM adalah strategi pemasaran dan pengambangan produk.

 

Kata Kunci :UMKM, Pemasaran, dan Pengembangan Produk

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga, PT. Indeks, Jakarta

Arini (2017).Pengaruh Strategi Pemasaran dan Orientasi Wirausaha terhadap KinerjaPemasaran yang dimoderasi oleh Lingkungan Persaingan pada Industri Batik Sokaraja, Kabupaten Banymas. Prosiding ISBN: 978-602-361-067-9. Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.