PEMODELAN SUPPLY CHAIN MANAGEMEN (SCM) BAHAN BAKU PRODUK MAKANAN KHAS DAERAH DARI KEARIFAN LOKAL DI KECAMATAN PULO BANDRING

Zunaida S, Rumondang Rumondang

Abstract


Merupakan kegiatan pengelolaan kegiatan-kegiatan dalam rangka memperoleh bahan mentah, mentransformasikan bahan mentah tersebut menjadi barang dalam proses dan barang jadi, dan mengirimkan produk tersebut ke konsumen melalui sistem distribusi. Berkaitan dengan siklus lengkap bahan baku dari pemasok ke produksi, ke gudang, ke distribusi sampai ke konsumen. Perusahaan meningkatkan kemampuan bersaing melalui penyesuaian produk, kualitan yang tinggi, pengurangan biaya dan kecepatan mencapai pasar. Banyak peluang tersedia dalam MRP untuk meningkatkan nilai produk dengan biaya rendah. Dengan bantuan pemasok, suatu perusahaan manufaktur dapat mempertahanakan karakteristik generik dari produknya selama mungkin. Teknik ini dikenal dengan postphonement = menunda modifikasi atau penyesuaian terhadap produk selama mungkin. Di sisi distribusi sering digunakan suatu teknik yang disebut : drop ship = pemasok akan langsung mengirimkan ke konsumen pemakai dan juga kepada penjual, agar menghemat waktu dan biaya pengangkutan ulang. Ukuran lain yang biasa digunakan namun menghemat biaya mencakup : pengunaan kemasan khusus, label khusus dan lokasi tertentu dari label atau kode barang (bar code). Keuntungan diantaranya mengurangi inventory barang dengan berbagai cara. Menjamin kelancaran penyediaan barang. Kelancaran mulai pabrik pembuat, supplier, perusahaan sendiri, wholesaler, retailer, sampai final customers. Menjamin mutu barang jadi (finished product) ditentukan tidak hanya oleh proses produksi barang tersebut, tetapi oleh mutu barang mentah dan mutu keamanan dalam pengiriman.

Kata Kunci : Pemodelan, Rantai Pasok, Produk, Makan, Lokal.


Full Text:

PDF

References


Eko Indrajit Richardus , “Konsep Manajemen Supply Chain “ Jakarta, 2016

Djoko Guritno Adi. “ Manajemen Rantai Pasok “ Modul . Jakarta 2015.

Hermawan, A 2012, Komunikasi Pemasara,. Jakarta: Erlangga.

Purnamasari, Y, ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015’,

Purna Irawan Agustinus . “Buku Ajar Manajemen Rantai Pasokan “ jakarta 2010.

Khusnul Khotimah Bain , “ Teori simulasi dan pemodelan “ Jakarta. November 2015

Kotler, P 2009, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.