PENGARUH WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIKA PADA MAHASISWA STIKOM TUNAS BANGSA PEMATANGSIANTAR

Ika Okta Kirana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh waktu belajar terhadap hasil belajar Statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan survey expose facto. Sampelyang digunakan berukuran 50 orang Mahasiswa semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 STIKOM Tunas Bangsa yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilaksanakan dengan  teknik dokumentasi yang diperoleh dari dokumen daftar hadir kelas dan dokumen daftar nilai Statistika mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 25. Hasil analisis data menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara waktu belajar dengan hasil belajar Statistika. Hal ini dibuktikan oleh nilai signifikansiyang menunjukkan nilai sig = 0,321.

Kata kunci: Waktu Belajar, Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Kariadi, Dodik & Sunarso. (2016). Pengaruh Minat Baca, Waktu Belajar, Sarana Prasarana, dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar PKN. Socio. 13 (2), 86 – 100.

Lestari, Indah. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115 – 125.

Mulyani, Dessy. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2 (1), 27 – 31.

Rahman, U., Sulasteri, S., Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, F., M Yasin, J. H., Kunci, K., Guru, K., … Belajar Matematika, H. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(1), 68–81.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widyaninggar, anggi ajeng. (2013). Pengaruh_Efikasi_Diri_Dan_Lokus_Kendali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.