ANALISIS KESALAHAN TATABAHASA PADA ABSTRAK SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS ASAHAN

Lis Supiatman, Heni Subagiharti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan. Penelitian ini dilaksanakan untuk menggambarkan secara jelas dan tepat tentang kemampuan mahasiswa dalam menulis abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan tatabahasa apa saja yang terdapat dalam penulisan abstrak pada beberapa skripsi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Asahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris yang telah menyelesaikan skripsi mereka dari tahun 2015 sampai dengan 2018. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu berupa tulisan abstrak skripsi mahasiswa  prodi pendidikan bahasa Inggris. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan Teknik Analisa Diskriptif (Descriptive Analysis Technique). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa mahasiswa paling banyak melakukan kesalahan dalam menggunakan bentuk tatabahasa (misinformation) dengan frekuensi kesalahan sebanyak 153  kesalahan (68,30 %), yang kedua omission dengan total kesalahan 52 (23.21 %). Yang ketiga misordering dengan total kesalahan 19 (8.48 %). Beberapa alasan kenapa kesalahan tersebut masih terjadi karena ada pengaruh bahasa ibu yang menyebabkan mereka masih menyamakan pola dan aturan bahasa tersebut dengan bahasa Inggris. Selain itu mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris masih memiliki kemampuan yang kurang dalam tatabahasa.

 

Kata kunci: analisa kesalahan, tatabahasa, menulis, abstrak


Full Text:

PDF

References


Blanchard, K & Root, C 1997. Ready to Writemore: from Paragraph to Essay . New York: Addison- Wesleypublishing Company: Longman Publisher Group.

Brown, H. Douglas. 1994. Teaching by Principles, an Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey

Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. 1982. Language Two Oxford University Press.

Ellis, R. 1998. Second Language Acquisition.New York: Oxford University Press

Nurjamal dkk, 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Alfabeta.

Ridha, N.S.A. 2012. The Effect of EFL Learners' Mother Tongue on their Writings in English : An Error Analysis Study. Journal of the College of Arts. University of Basrah No. (60).

Setyawati. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka

Tarigan, H. G. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.