PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PALAPA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Regina Sabariah Sinaga, Nur Halimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Palapa Binjai T.P 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Palapa Binjai. Pemilihan sampel dilakukan dengan pengambilan dari dua kelas yang terdiri dari 60 siswa . Intrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematika . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun hal tersebut diperoleh berdasarkan nilai rhitung = 0,96. Dengan merujuk kepada tabel interpretasi maka koefisien korelasi tersebut berada pada level sangat kuat. Rata – rata kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari kemmapuan komunikasi matematika yang diajarjan dengan model pembelajaran konvensional . Rata-rata posttest kelas eksperimen 75 sementara rata – rata posttest kelas control  65,42, dilihat dari thitung = 5,915 > ttabel = 4,20 dengan taraf significan 0,05 dan dk = 60. Disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang significan terhadap kemampuan komuniakas matematika siswa.

 

Kata kunci : Model pembelajaran STAD , kemampuan komunikasi matematika


Full Text:

PDF

References


Dwi Rachmayani. 2011. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa, Universitas Muhamadyah Jakarta.

Eka Prihatin. 2006. Konsep Pendidikan, Bandung: PT Karsa Mandiri.

Muhammad Ali. dan Muhammad Ibrahim. 2009. Besrta Teman-teman, Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan, Cetakan Ke 3 Jilid IV Bandung : PT Imperial Bhakti Utama.

Muhammad Darkasyi, 2004 “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quqntum Learning Padasiswa SMP Negeri 5 Loukseumawe” jurnal komunikasi matematis, Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala, vol. 2. hal. 243


Refbacks

  • There are currently no refbacks.