PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN KARIR BERBASIS PROBLEM SOLVING APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN ARAH KARIR SISWA

Nengsih Nengsih, Sari Wardani Simarmata

Abstract


Penelitian ini dirancang untuk mencapai tujuan pengembangan, yakni sebagai berikut: 1) Menghasilkan modul bimbingan karir untuk meningkatkan kemampuan perencanaan arah karir siswa yang layak secara isi, 2) Mendeskripsikan tingkat ketercapaian modul bimbingan karir untuk meningkatkan kemampuan perencanaan arah karir siswa oleh guru BK atau Konselor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development) berupa modul dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)  modul bimbingan karir berbasis problem solving approach untuk meningkatkan perencanaan arah karir dinilai layak, (2) modul bimbingan karir  berbasis problem solving approach untuk meningkatkan perencanaan arah karir tingkat keterpakaian dinilai tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, secara umum dapat disimpulkan bahwa produk penelitian dihasilkan layak dan dapat diimplementasikan untuk membantu siswa dalam meningkatkan perencanaan arah karir siswa. Dengan demikian modul ini layak untuk digunakan guru BK atau konselor di sekolah lanjutan tingkat atas..

Kata kunci: Modul Bimbingan karir, problem solving approach, perencanaan arah karir


Full Text:

PDF

References


Agustina, H. (2009). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Remaja). Bandung: Refika Aditama.

A Muri Yusuf. (2005). Kiat Sukses dalam Karir. Jakarta: Gahlia Indonesia.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Badan Pusat Statistik (2018). Diperoleh 10 Agustus 2018 dari www.bps.go.id.

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Hurlock, E.B. (2009). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) Edisi ke Lima. Terjemahan Istiwidayanti dan Soedjarwo. Tanpa Tahun. Jakarta: Erlangga.

Molenda, M. (2003). “In Search of the Elusive ADDIE Model”. Jurnal Performance Improvement, 42 (3): 34-36.

Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, karakteristik, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nengsih. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Tesis diterbitkan. Padang Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling FIP UNP Padang.

Romlah, Tatiek. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian: Pendidikan & pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sharf, R S. (2010). Applying Career Development Theory to Counseling (Revisi). California: Book/ Cole Publiching Company.

Zen, M. (2012). Faktor-faktor Dominan yang Berpengaruh dalam Perencanaan Arah Karier (Studi pada Siswa SMA Negeri Kota Pariaman). Disertasi tidak diterbitkan. Padang Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan PPS UNP Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.