AKTIVITAS GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Roslian Lubis, Toharuddin Harahap, Marzuki Ahmad

Abstract


Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini.Memperhatikan hal tersebut perlu penerapan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang memacu siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang kontemporer yang memberiperhatian terhadap siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran adalah pendekatan open-ended. Pendekatan open-ended adalah pendekatan dalam pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspolorasi masalah terbuka dengan berbagai strategi dalam memecahkan masalah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktifitas aktifitas aktif siswa dan aktivitas guru dalam pengelolaah pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian  deskriptif kuantitatif melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan open-ended sebanyak 4 kali pertemuan yang disertai dengan pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-5 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Intsrumen penelitian adalah berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi yang dilakukan 2 orang pengamat. Penelitian yang dilaksanakan memberikan simpulan: 1) Aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran memiliki nilai rata-rata 4,23 berada dalam kategori “Baik”; 2) Aktivitas aktif siswa dalam pembelajaran adalah “Efektif” dimana dapat dilihat dari 10 aktivitas yang diamati dalam pembelajaran memenuhi batas toleransi keefektifan.

Kata kunci: Aktivitas, Pembelajaran Matematika, Pendekatan, Open-ended


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. (2016). Aktivitas Aktif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Education and Development, 2(5), 45-45. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/261/150

Ahmad, M., Siregar, Y. P., Siregar, N. A., & Effendi, H. Realistic Math-Based Learning Model Based on Mandailing Culture. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) Volume, 39, 67-78.https://doi.org/10.17605/OSF.IO/4CP5Y

Andriani, Y. N., & Madio, S. S. (2013). Perbandingan Kemampuan Berpikir Reflektif antara Siswa yang Mendapatkan Pendekatan Open Ended dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 135-144. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv2n2_6/207

Ekowati, E., & Guntoro, K. (2008). Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. Pythagoras, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.51

Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Retrieved fromhttps://drive.google.com/drive/folders/0ByHH9zo2NVq6fkdpWkZBR212bEE4TXdIdGUtVklvMl9JRVp2NWRXZmQwWkprR3Jqdmg3ZXM

Mulyasa, H.E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.133

Ruseffendi. E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Statistik dan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239–246. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16685

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., … Rohayati, A. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.