PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 002 KECAMATAN RAMBAH SAMO

Rinja Efendi, Delita Gustriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh motivasi belajar dan manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 002 Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu Riau. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, (2) Manajemen kelas berpengaruh terhadap hasil belajar, (3) Motivasi belajar dan manajemen kelas secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah korelasi dan regresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri 002 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu berjumlah 51 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Sampel diambil dari semua populasi yang berjumlah 51. Data dikumpulkan dengan angket model skala likert yang telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Hasil uji coba angket dengan melihat nilai alpha cronbach’s pada intrumen motivasi belajar bernilai 0,835>0,620 sedangkan untuk intrumen manajemen kelas 0,920>0,620, maka kedua variabel dikatakan handal atau valid. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 8,5%, 2) Pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar sebesar 5% dan 3) Pengaruh motivasi dan manajemen kelas terhadap hasil belajar secara bersama-sama berpengaruh sebesar 9,6%. Berdasarkan  analisis deskriptif mengungkapkan bahwa motivasi belajar dan manajemen kelas bersama-sama berada pada kategori cukup baik dari skor ideal.

Kata kunci: Motivasi, Manajemen kelas, Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusdydie, Salman. 2011. Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Sagala, Syaiful. 2005. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.