EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DILIHAT DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA

Muhammad Syahril Harahap, Sartika Rati Asmara Nasution

Abstract


Penelitian ini melihat keefektifan pembelajaran flipped classroomyang dilihat dari kemampuan pemecahan masalah mahasiswa.Penelitian ini menggunakan desain one group pretest posttest dimana, pupolasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan semester 6. Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik  total sampling karena  jumlah kelas di semester VI adalah satu. Hasil dari penelitian  pretest mahasiswa di  Prodi Pendidikan Matematika IPTS yang berjumlah 27 orang, diperoleh nilai terendah 36,10 dan nilai tertinggi 51,60 dalam kategori ”kurang”. Sedangkan hasil postes setelah pengaplikasian model pembelajaran flipped classroomdiperoleh 81,6 dalam kategori sangat baik. Sehingga terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa menjadi meningkat dengan diterakannya model pembelajaran flipped classroom.Hasil dari pengujian hipoitesis diperolah bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa rata – rata kemampuan Pemecahan masalah matematis mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom lebih tinggi dibandingkan rata – rata kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa sebelum diterapkan model pembelajaran flipped classroom. Jika nilai sig < 0,05 maka hipotesis alternatif diterima dan jika nilai sig > 0,05 maka hipotesis alternatif ditolak. Dari hasil yang diperoleh bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya, “Efektifnya Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Di Kelas  VIII Prodi Pendidikan Matematika IPTS.

Kata kunci: Efektivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah, Flipped Classroom

Full Text:

PDF

References


NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Laine, A., Näveri, L., Pehkonen, E., Ahtee , M., Hannula, M. 2012. Third-graders' problem solving performance and teachers' actions. Proceedings from the 13th ProMath conference, September 2011 (69-81). Umeå, UMERC.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Jenkins, A., Healey, M., & Zetter, R. (2007). Linking teaching and research in Departments and disciplines.York: Higher Education Academy.

Jenkins, A., Healey, M., & Zetter, R. (2007). Linking teaching and research in Departments and disciplines.York: Higher Education Academy.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ridha, M., Setyosari, P., Kuswandi, D., 2016. Pengaruh Flipped Mastery Classrom Terhadap Perolehan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan. Universitas Negeri Malang.Vol. 1.No. 4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.