PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA SMP PUTRA JAYA STABAT T.P 2018/2019

Khairina Afni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning  terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas VIII SMP Putra Jaya Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Pembelajaran IPA selama ini akan terasa menyenangkan jika guru dapat mengemas proses pembelajaran tersebut dengan sebaik mungkin, namun jika hal itu tidak dapat dilakukan maka   dapat  menyebabkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang  rendah. Hal inilah yang terjadi pada penelitian ini. Oleh karena itu pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.. Penelitian ini dilaksanakan pada semster genap T.P 2018/2019, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa pada kelas ekperimen yang merupakan siswa kelas VIII SMP Putra Jaya Stabat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen pretest-posttest control group desaign.

Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada hasil pretest = 52,33 dan pada hasil postest = 72,5. Dari nilai rata-rata tersebut terlihat bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang diajarkan dengan pembelajaran Contextual Teaching And Learning  lebih baik. Hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogeniras menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada data postest dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (2,17 > 2,00) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning  berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas VIII SMP Putra Jaya Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning , Kemampuan Pemecahan Masalah, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Aris, Shoimin. (2006). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Doni, Sabroni. (2017). Pengaruh Metode

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. UIN Raden Intan Lampung.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Misrun Mauke, dkk. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 3.

Oemar, hamalik. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rusman. (2013). Model-Model Pembejalaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakrata: Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiyono, B.H; Widodo Budhi, (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Volume 5, No.1. Maret 2018. Hal 11-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.